Lado Kapak Ayam


Kali ini cobain lagi masakan baru. Lado kapak ayam atau sayap ayam yang dikasi cabe. Udah lama saya ga dengar kata kapak atau kepak ayam. Hehehe... Pas hari minggu beli ayam di pasar, memang sengaja nyisipin 8 sayap untuk dimasak lado. Tadi pagi baru sempat eksekusi resepnya.

Jika potongan sayap ayamnya tak ada bentuk harap dimaklumi. Saya bukan ahli di dalam potong memotong. Entah pisau besar yang saya pake kurang tajam atau teknik memotong yang kurang tepat, jadinya perlu mengerahkan tenaga dalam hanya untuk memotong tiap sayap menjadi 5 bagian. Itupun dapur jadi sangat ribut karena sayap ayam saya hentakkan ke talenan supaya tulang ayam di sayap bisa putus. Jadi jika melihat ayam, ikan, atau daging di dalam blog ini rapi, percayalah jika itu bukan dipotong oleh saya, tapi oleh penjualnya.

Mirip sambal kentang yang dikasi ayam ya? Hihihi... saya cuma pakai setengah takaran cabe dan semua biji di cabe sengaja saya buang supaya ga pedas. Ayahnya kirana suka kumat maag-nya jika masakan yang saya sajikan terlalu pedas. Jadi mulai dikurangi tingkat kepedasan masakan.


Resep saya ambil dari bukunya Primarasa -Sedap-sedapan Ala Indonesia

Bahan:
8 potong sayap ayam
1/2 sdt garam
2 sdm air jeruk nipis
2 buah kentang
Minyak goreng
20 mata petai, kupas

Bumbu Halus:
200 gram cabe merah (saya cuma pakai 100 gram, buang biji)
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
6 mata petai, kupas
1-2 sdt garam

Cara Membuat:
- Potong-potong sayap ayam ukuran sekali suap, campur dengan garam dan i sdm jeruk nipis. Remas-remas, sisihkan. Kupas kentang, potong dadu ukuran 2 cm. (saya potong tiap sayap menjadi 5 bagian)
- Panaskan minyak yang banyak dalam wajan, goreng potongan sayap ayam dan kentang secara terpisah hingga matang, angkat, tiriskan. (saran saya, goreng kentang dulu baru ayam biar kentang tidak kotor karena minyak dari ayam)
- Panaskan 150 ml minyak dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan petai dan 1 sdm air jeruk nipis. Aduk hingga bau menyengatnya hilang. Kecilkan api, aduk dan masak di atas api kecil hingga minyak terpisah dari bumbu.
- Masukkan potongan sayap ayam goreng. Aduk hingga tercampur, kemudian masukkan kentang goreng, aduk, angkat.
- Pindahkan masakan ke atas piring saji, hidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar