Jam Brownies


Baru kali ini saya nyobain bikin brownies menggunakan mentega putih. Saya kira mentega putih cuma dipake untuk bikin bakpao, olesan loyang, atau untuk buttercream. Ternyata dibikin brownies juga bisa. Baru tahu saya....

Sempet ragu juga awalnya karena di resep tidak dicantumkan dikocok menggunakan mikser atau hanya menggunakan whisk. Tapi kalau dinalar, kemungkinan besar memang menggunakan whisk dan hanya sekedar tercampur. Bukan membuat adonan cake mengembang indah. Hasil akhir adonan sebelum dipanggang lengket-lengket mirip dodol. Sempat ga yakin juga pas mau dioven ngeliat adonan selengket itu. Tapi dicoba aja, ternyata cakep hasilnya.

Oh ya, takaran gula saya kurangi setengahnya. Pas buat saya manisnya kalau cuma setengah dari takaran resep asli. Tapi jika memang menyukai brownies yang manis, silakan gunakan takaran pada resep aslinya. Ketika sudah matang pun, saya potong-potong dulu browniesnya baru oles dengan selai.


Resep diambil dari bukunya Indriani - Brownies.

Bahan:
175 gram mentega putih
100 gram dark cooking chocolate
400 gram gula pasir halus (saya cuma pakai 200 gram)
4 butir telur
200 gram tepung terigu
1 sdt baking powder
1 sdt garam
Selai apricot / peach / jeruk (saya pakai selai stoberi)

Chocolate Frosting:
100 gram milk cooking chocolate, lelehkan (saya gunakan white cooking chocolate)

Cara Membuat:
- Panaskan oven 180 C. Alasi loyang 40x25x2.5 cm dengan alumunium foil (saya gunakan loyang 10x30x4 cm dan cuma saya alasi bagian bawahnya dengan baking paper anti lengket, bukan dengan alumunium foil)
- Tempatkan mentega putih dan cooking chocolate dalam panci, lalu tempatkan panci tersebut di dalam mangkuk lebih besar berisi air. Masak di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga leleh. Angkat, kocok, masukkan gula dan telur hingga lembut. (saya gunakan panci untuk tim yang lebih besar dari pada panci air, jadi panci yang besar saya taruh di atas panci kecil yang berisi air, cara yang ini lebih aman supaya air tidak terciprat ke dalam panci, jadi hanya menggunakan uap panas dari air untuk melelehkan mentaga putih dan cokelat masak)
- Masukkan terigu, baking powder, dan garam.
- Tuang ke loyang, panggang selama 20 menit. (waktu pemanggangan tergantung oven ya, yang pasti sampai matang)
- Keluarkan dari loyang, potong mendatar dua. Olesi dengan selai, tumpuk. Olesi chocolate frosting. Potong-potong.

2 komentar: