Pindang Sapi Kudus


Pindang sapi kudus ini baru pertama kali saya buat. Tapi sepertinya di masa lampau ketika saya kecil, saya pernah mencicipi makanan ini. Rasanya sudah lamaaa sekali dan betul-betul mirip. Deja vu?

Pindang sapi kudus ini enak sekali lo. Benar-benar enak. Recomended buat dicoba. Pindang sapi ini asli dari Kudus - Jawa Tengah. Ini pertama kali saya kenalan sama keluak. Di Pontianak, kami ga familiar dengan keluak. Langka yang namanya keluak. Pertama kali saya lihat keluak itu ada di Hypermart Pontianak. Pindang sapi kudus ini saya bikin dari keluak di Hypermart itu. Beli 5 buah, yang ada isinya cuma 3, 2 buahnya kosong. Ternyata memilih keluak itu mesti dikepoin lo. Digoyang-goyang keluaknya sambil dengar isinya ada atau kosong. Terus pecahkan cangkang keluaknya dengan cobek. Ambil isi keluak dengan sendok. Rendam isi keluak dengan air panas.

Oh ya, daun melinjonya saya ambil dari pohon sendiri di depan rumah lo. Pohon melinjo peninggalan Alm. Bapak walaupun sudah dipotong pohonnya, tetapi masih tumbuh dahan yang baru. Jadinya kami sering sekali panen daun melinjo muda. Alhamdulilah...

Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga - Dapur Indonesia

Bahan:
500 gram daging tetelan / sengkel / lemusir
1 L santan dari 1 butir kelapa usia sedang
200 gram daun melinjo yang muda, rebus
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
2 batang serai
5 lembar daun jeruk, sobek-sobek
1 sdt gula merah

Bumbu Halus:
5 buah keluak, rendam air panas, tiriskan
8 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdt jahe cincang
1 sdt ketumbar sangrai
1 1/2 sdt garam

Pelengkap:
Sambal rawit kecap manis, kerupuk putih

Cara Membuat:
- Rebus daging sampai sampai setengah empuk dan kaldu menyusut sebagian, angkat daging, potong-potong 1/2x3x4 cm.
- Dengan 3 sdm minyak, tumis bumbu halus, serai, lengkuas, dan daun salam hingga harum. Kembalikan ke panci daging dan kaldu, masak dengan api kecil sampai daging empuk, kuah tersisa 200 ml.
- Masukkan santan dan gula merah. Didihkan sambil aduk, kecilkan api. Masak 10-15 menit sampai kuah terasa enak, sambil sesekali diaduk supaya santan tidak pecah. Masukkan daun melinjo. Aduk, angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar