Mi Kangkung


Mungkin banyak diantara teman-teman yang sudah pernah mencoba mi kangkung. Saya baru kali ini nyobain yang namanya mi kangkung, itupun bikin sendiri. Mi kangkung ga dikenal di Pontianak, belum ada yang jual. Mi kangkung ini aslinya dari Jawa Barat.

Ternyata rasa mi kangkung itu seperti mi ayam yang dipakein kangkung rebus dan telur puyuh. Ga persis sama sih dengan mi ayam, mi kangkung ini jauh lebih kaya rasa dari mie ayam. Karena kangkung itu garing, jadi ketika digigit ada sensasi kriuk kriuk dari kangkung. Sukaaa deh... Jadi inget kalo dulu saya doyan makan mi instant pake kangkung juga.

Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga - Dapur Indonesia

Bahan:
500 gram mi basah, seduh air panas, tiriskan (saya pakai mie telur)
150 gram kangkung muda, rebus
20 butir telur puyuh, rebus

Kuah:
1 1/4 liter kaldu ayam (didapat dari air rebusan ayam)
350 gram daging ayam rebus, potong dadu 1 cm
1-2 batang daun bawang, iris tipis
2-3 sdm kecap asin
2 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
1 sdt minyak wijen
1/2 sdt bumbu penyedap
1 1/2 sdm tepung sagu / maizena, cairkan dengan 3 sdm air

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
5 buah bawang merah
2 sdm ebi, rendam, tumbuk kasar
1/2 sdt merica bulat (saya pakai merica bubuk)

Sambal Kemiri: haluskan
15 buah cabai rawit
3 buah kemiri goreng

Tambahkan:
1/4 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 sdt cuka (saya ga pake)
100-200 ml air hangat

Pelengkap:
Bawang Goreng, Jeruk Limau, Sambal Kemiri

Cara Membuat:
- Tumis bumbu halus dengan 2 sdm margarin sampai harum, masukkan telur dan ayam, aduk rata, tuang ke kaldu bersama daun bawang, semua kecap, dan saus tiram.
- Masak dengan api sedang, kecilkan api setelah mendidih. Beri garam seperlunya, tuangkan cairan tepung sagu, aduk rata. Beri minyak wijen dan bumbu penyedap. Angkat.

4 komentar:

  1. saya juga baru tau ni....rasanya kayak gimana ya? makasih banyak buat resepnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip makan mie ayam pake kangkung Mba.

      Hapus
  2. Saya baru tahu dan lihat gambarnya kali ini mba Rika, kapan-kapan saya coba ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira saya aja yang ga kenal dengan mie kangkung. Ternyata kita samaan ya Mba Lys. Hihihi....

      Hapus