Sambal Bawang


Saya itu bukan pecinta sambal. Perut tak mampu jika makan terlalu pedas. Jadi kalau makan di luar misalnya bakso palingan pakai cabe secukupnya saja, asal berasa sedikit pedas. Kalau makan mie ayam, sate, atau gorengan seperti bakwan atau tahu malah ga pernah pakai sambal. Ya dimakan gitu aja. Agak gak lazim ya. Tapi ya mau gimana lagi. Kalau terlalu banyak makan sambal, besoknya pasti diare.

Makanya di rumah kami itu lazimnya menggunakan sambal botolan kaca berbagai merek itu. itupun yang makan cuma ayahnya kirana doang, saya ga. Nah kalau ditanya kenapa bisa kali ini bikin sambal, saya pun ga tahu kenapa. Entah dapat ilham dari mana gitu... Hohoho... Untuk ke depannya insya allah ga kapok bikin sambel, jadi ada postingan sambal-sambal lain di blog ini.

Untuk pertama kali saya cobain sambal bawang. Teman-teman food blogger yang lain ada beberapa kali yang posting sambal bawang. Yang paling terkenal itu sambal bawang bu rudi. Pas mudik, ada lihat si sambal bu rudi. Tapi kok mahal yak hanya untuk sebotol kecil sambal. Jadi ya ga pernah kesampaian nyobain si bu rudi ituh.

Pas bawang di Pontianak lagi murah cuma 20 rebu sekilonya. Beli dengan ce aleng pula, jadi bisa rikuest bawang yang besar-besar biar ga lama ngupasin bawangnya. Jadi tadi pagi saya cobain si sambal bawang. Dan ayah kirana sukaaa sekali dengan sambal bawangnya. Hasilnya banyak dan murah pula. Satu porsi ini bisa dapat satu mangkuk bakso sambal.

Resep saya ambil dari bukunya Chef Latief Purnomo & Elsa - Sambal Nikmat Pendamping Hidangan

Bahan:
100 gram bawang merah
25 gram bawang putih
75 gram cabe rawit campur
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt kaldu bubuk
150 ml minyak goreng

Cara Membuat:
- Panaskan minyak, masukkan bawang merah, bawang putih, dan semua cabai. Masak hingga layu, angkat.
- Haluskan semua bahan bersama gula, garam, dan kaldu bubuk (harusnya menggunakan ulekan, tapi karena saya ga bisa nguleg, saya gunakan chopper manual, semua bahan saya cacah kasar)
- Tuang minyak panas dalam cabai, aduk rata. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar