Roti Goreng Keju


Jika memiliki sisa roti, mari berdayakan dengan cara digoreng seperti ini. Kelemahannya adalah roti menyerap banyak minyak ketika digoreng. Mungkin harusnya digoreng dengan minyak padat kali ya supaya minyaknya ga menempel di roti. Saya itu sudah lama ngincer minyak padat di Hypermart, kapan hari pernah liat ada di Hypermart, tapi sudah beberapa waktu ini saya cari, kosong terus minyak padatnya.

Menurut penelitian saya, roti tawar yang beredar di Pontianak itu ada dua jenis. Ada yang berongga halus dan berongga besar. Kalau untuk digoreng, lebih baik gunakan yang rongga rotinya halus. Kalau halus, minyak akan tetap menempel, tapi ga sebanyak yang berongga besar. Kalau yang rongganya besar, minyak akan sangat banyak sekali menempel di roti.

Harusnya roti ini dilapis pakai tepung roti, tapi saya lupa. Hehehe.... jadi yang saya bikin ini tanpa tepung roti.

Resep diambil dari bukunya Nyonya Rumah Julie Sutarjana - 225 Resep Hidangan Spesial Pilihan Favorit Sepanjang Masa.

Bahan:
1 roti tawar yang sudah 2-3 hari
Mentega secukupnya
Keju secukupnya
1 butir telur ayam + 200 ml susu cair kocok jadi satu (satu telur dan 200 ml susu cair ini bisa untuk 7 potong roti)
Margarin atam minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:
- Roti dibuang kulitnya, lalu potong-potong tipis berbentuk persegi atau segitiga.
- Olesi roti dengan mentega, beri selembar keju, lalu tangkupkan dengan lembaran roti lainnya.
- Celupkan ke dalam campuran telur dan susu, gulingkan tepung roti, lalu goreng dengan margarin atau minyak goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar