Pukis Terigu


Uji coba bikin pukis lagi. Kali ini cobain resep yang menggunakan ragi. Untuk warna hijau saya gunakan daun suji yang diblender. Tapi seperti biasa, karena kurang banyak, jadi warnanya hijau muda. Muda banget warnanya.

Dannn saya lebih suka dengan tekstur pukis yang pernah saya buat sebelumnya. Aroma ragi pada pukis ini sangat kuat, berasa makan kue apem gitu. Dann yang pasti, karena menggunakan ragi, waktu yang dibutuhkan sampai adonan siap dipanggang terlalu lama buat saya. Saya itu ga sabaran orangnya, jadi harap dimaklumi, maunya ya setelah adonan dicampur bisa langsung dipanggang tanpa perlu menunggu dan bisa segera dimakan. Begituuu

Ada yang nanya, cara saya memanggang dengan panggangan biasa itu bagaimana caranya sehingga hasil akhirnya tetap cantik. Saya itu kalau memanggang dengan api kecil (bukan api lilin ya, tapi api di luar api lilin, jika 2 tungku biasanya satunya ada api lilin, dan satunya lagi api biasa, nah saya gunakan yang api biasa). Alasi dengan loyang kue kering yang sudah ga kepake, baru letakkan pemanggang pukis. Biarkan hingga panas, olesi margarin, baru tuang adonan. Setelah matang, saya keluarin kuenya menggunakan sendok kue yang tembaga. Kenapa harus yang tembaga, karena yang tembaga itu tipis bentuknya, jadi ga merusak bentuk kue yang sudah matang.


Resep diambil dari bukunya Nyonya Rumah Julie Sutarjana - 225 Resep Hidangan Spesial Pilihan Favorit Sepanjang Masa. Saya bikin 1/2 resep bisa dapat 25 buah pukis.

Bahan:
300 gram tepung terigu
10 gram gist (ragi instant)
150 ml air hangat-hangat kuku
300 gram gula halus
5 butir telur ayam (untuk 1/2 resep saya pakai 2 butir telur ukuran besar)
1 cangkir air
2 cangkir santan kental yang dimasak dulu dengan sedikit garam hingga kental (saya pakai santan instant yang diblender dengan 10 lembar daun suji yang sudah dipotong kecil)

Cara Membuat:
- Buat bibit roti dengan merendam gist dengan air hangat sampai hancur selama 30 menit. Lalu tuangkan pada 200 gram terigu, aduk-aduk sampai rata, uleni yang lama hingga adonan tak melekat lagi pada tempatnya. Diamkan selama 1 jam sampai mengembang.
- Kocok telur dan gula sampai putih dan berbusa. Sisa terigu diaduk menjadi satu dengan bibit roti, tuangi 1 cangkir air, uleni sampai rata. Tuangkan telur dan gula yang sudah dikocok sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Tambahkan santan. Biarkan selama 2 jam hingga mengembang.
- Olesi cetakan pukis dengan minyak, panaskan sampai keluar asapnya, lalu tuangi adonan hingga 3/4 bagian. Bila sudah matang, angkat dengan pisau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar