Nasu Alikku


Akhirnya saya cobain juga bikin nasu alikku. Nasu alikku ini perpaduan antara opor dan ayam lengkuas. Masakan khas sulawesi ini memang mantap banget. Apalagi jika dimakan dengan nasi hangat. Dijamin bakal nambah nambah dan nambah lagiii... Alhamdulilah masih diberi nikmat makan.

Oh ya, karena udah lama ga bikin ayam goreng lengkuas, jadi cukup sulit juga ya untuk memarutnya. Karena udah diburu waktu dan saya ga sabaran, akhirnya lengkuas saya cincang halus pake chopper. Karena dicincang, hasilnya ga sehalus kalau diparut. Cuma karena saya diburu waktu untuk harus berangkat pagi jadinya ya apa adanya aja deh.

Resep diambil dari bukunya Yasaboga - Dapur Indonesia.

Bahan:
1 ekor (850 gram) ayam kampung / 1 kg ayam negeri, potong 8 (saya potong 12)
500 ml santan dari 2 butir kelapa tua
100 gram lengkuas tua, parut (saya cincang)

Bumbu Halus:
10 buah bawang merah
5 siung bawang putih
2 sdt kunyit cincang
1.5 sdt merica bulat (saya pakai merica bubuk)
1 sdm gula merah

Cara Membuat:
- Dengan api kecil, didihkan santan, lengkuas, dan bumbu halus sampai menyusut sebagian dan berminyak.
- Masukkan ayam, masak dengan api kecil sambil diaduk sesekali. Angkat setelah ayam empuk, kuah asat, berminyak dan kecoklatan. Sajikan ayam bersama remahnya.

2 komentar:

  1. Nama masakannya unik sekali, bahan-bahannya juga mudah ditemui, kapan-kapan mau coba membuatnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk dicoba Mba Ranii.

      Terima kasih sudah mampir ya..

      Hapus