Mi Kocok Cirebon

 
Mari membuat mee. Gara-gara mau ikutan give awaynya mba ajeng rani jadinya saya bikin mi. Kenapa pilihnya mi kocok cirebon? Karena diantara list resep mi yang saya punya, mi kocok cirebon ini yang paling mudah dibuat. Ga banyak printilannya. Jadi cuma buat kuah dan suwirin ayam doang. Mudah bukan?

Pertama kali makan mi kocok cirebon itu pas saya mudik. Jadi di sumarecon bekasi itu ada food hall yang jualan jajanan-jajanan nusantara. Termasuk salah satunya ya mi kocok ini. Harganya terjangkau untuk ukuran makan di mall. Sesuai dengan mienya yang minim juga.


Kalau bikin sendiri seperti ini kan mau ayamnya banyak pun wokeh aja. Kalau yang dijual itu ayam suwirnya seuprit aja dikasinya. Makanya lebih nikmat kalau bikin sendiri.

Resep diambil dari bukunya Yasaboga - Dapur Indonesia

Bahan:
1/2 ekor ayam kampung yang tua
250 gram kikil / urat sapi rebus (saya ga pake)

Kuah:
1 liter kaldu ayam (saya pakai dari air rebusan ayam)
1-2 sdt kaldu ayam bubuk
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa tua (saya pakai santan instant karena sedang tidak ada stok santan)
4 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya
1 sdm ebi, rendam air panas, tiriskan
2 cm lengkuas, memarkan
1 sdm tepung beras + sedikit air

Bumbu Halus:
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
2 sdt merica bulat (saya pakai bubuk)
2 sdt jahe cincang
3 butir kemiri sangrai
1 sdt garam

Pelengkap:
500 gram mi basah, seduh air panas (daya pakai mie telur)
4 lembar daun kol tanpa tulang, iris tipis
4 batang daun bawang, iris halus
Jeruk nipis, bawang goreng, kecap manis, sambal rawit kukus / rebus

Cara Membuat:
- Rebus terpisah ayam dan kikil sampai empuk, masing-masing diberi 1/2 sdt garam. Sisihkan kaldunya untuk kuah, suwir-suwir dagingnya. Potong kikil / urat sapi @2 cm.
- Kuah: tumis bumbu halus, ebi, lengkuas, dan daun jeruk purut sampai harum. Tuang santan ke kuah, masak dengan api sedang, beri kaldu bubuk. Sebelum diangkat, tuangkan larutan tepung beras, Aduk sampai mendidih kembali dan kuah agak kental.
- Tata mie, ayam suwir, kikil / urat, dan irisan kol di dalam 4-5 mangkok, beri kuah panas dan pelengkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar