Bolu Kukus Semangka


Tumben saya bikin yang lagi kekinian seperti ini. Jadi ceritanya, di dunia perkuehan, seminggu terakhir ini lagi heboh sama bolu kukus bermotif semangka gara-gara ada yang share di salah satu grup masak di facebook. Sebenarnya ya cuma bolu kukus biasa. Tapi dibuat motif supaya lebih menarik. Awalnya bolu kukus bermotif ini diperkenalkan di Thailand. Bukan hanya motif semangka, ada juga yang membuat motif lainnya ala ala japanese roll cake gitu. Tapi yang termudah buat saya ya motif semangka.

Dan saya pun dari awal ngeliatnya sudah jatuh cinta. Ga pernah kepikiran sayanya untuk dibuat motif seperti itu. Jadi tadi pagi saya eksekusi si bolu kukus ini demi rasa penasaran. Bikinnya ga sulit kok. Awalnya saya agak deg-degan kalo ga mekar karena waktu menunggu bolu kukus ini ke kukusan agak lama karena dikerjakan satu persatu. Dibikin motif pula kan. Ketika sudah matang dan kukusan dibuka, ahh senangnya... semua blooming. Ada yang blooming tiga dan empat. Padahal saya ga pake cetakan khusus bolu kukus yang berlubang itu. Pas mau bikin entah nyelip dimana cetakan bolu kukusnya. Akhirnya saya pakai cetakan cupcake yang tanpa lubang. Dan tetap mekar. Sukaaa...

Untuk resep bisa pakai resep bolu kukus apa aja sesuai selera. Yang saya bikin ini saya gunakan resep brownies kukus mekarnya ny.liem yang tiap kali bikin pasti blooming. Saya bikin setengah resep bisa dapet 17 buah bolu kukus semangka ukuran sedang.

Bahan A :
400 gr gula pasir
4 butir telur
320 cc air (saya pakai susu cair)
1/2 sdt vanilla cream (saya pakai vanilla bubuk)

Bahan B :
400 gr tepung terigu
50 gr susu bubuk
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder

Bahan C :
20 gr emulsifier

Bahan D :
Wijen hitam secukupnya

Cara membuat :
- Kocok bahan A kurang lebih 5 menit dengan kecepatan maximum.
- Kocok Bahan B kurang lebih 1 menit, dengan kecepatan rendah.
- Masukkan bahan C kurang lebih 5 menit dengan kecepatan tinggi.
- Bagi adonan menjadi 4 bagian dengan 2 bagian lebih banyak. Bagian yang banyak diberi pewarna kuning, merah dan bahan D. Bagian yang sedikit diberi pewarna hijau dan biarkan putih.
- Masukan adonan ke dalam piping bag. Gunting ujungnya.
- Semprotkan adonan merah / kuning ke dalam cup case hingga hampir penuh. Tutupi dengan adonan putih yang dibuat tipis. Tutupi lagi dengan adonan hijau yang dibuat tipis hingga cup benar-benar penuh. Jika tidak penuh, merekahnya kurang cantik.
- Kukus sampai mekar dan matang kurang lebih 15 menit, tergantung api masing-masing.

4 komentar:

  1. bentuknya lucu mba patut dicoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk dicoba Mba Ariyanti. Lagi kekinian ini bolu kukusnya.
      Terima kasih sudah mampir ya.

      Hapus
  2. iya ini waktu itu banyak yg ngshare di fb... tapi tulisannya thailand semua :D
    makasi resepnya mbaa... nanti kalo udah di rumah saya cobain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipppp..
      Terima kasih sudah mampir ya..

      Hapus