Kroket Makaroni


Udah lama berencana bikin kroket makaroni ini, dan akhirnya kesampaian. Saya itu pecinta kue asin daripada kue manis. Kue asin itu di rumah lebih cepat habisnya daripada kue manis semisal cake. Saya mampu menghabiskan sepuluh bulatan gorengan kroket makaroni ini dan itu menggantikan sarapan pagi saya hari ini. Glekkk sepuluh sodara-sodara.

Yang paling menyebalkan dari membuat kroket makaroni ini adalah bagian memotong makaroninya. Di resep disuruh dipotong-potong makaroninya, jadi saya potong lah satu persatu makaroni itu. Dan itu cukup memakan waktu. Biar dilakukan di depan tv sambil menonton heroes 4, tetap saja lama buat saya. Biar lebih cepat saya potong makaroni menggunakan gunting. Karena ketika dipotong dengan pisau malah jauh lebih lama.

Ketika merebus makaroni, ikuti instruksi waktu di kemasan. Air di panci harus mendidih baru masukkan pasta. Gunakan timer untuk menghitung waktu perebusan. Ketika sudah waktunya, beri sedikit minyak pada pasta di panci, dan langsung pindahkan pasta ke air dingin. Tumis beserta bahan lainnya hingga susu menyusut dan pasta menjadi agak kering.

Oh ya, yang saya bikin ini, saya bikin tumisan makaroninya sore hari, karena malamnya udah cape dan malas mau kerjainnya, jadi tumisan saya masukkan wadah tertutup dan taruh kulkas. Besok paginya baru dibulatin, balur ke bread crumb, dan digoreng. Kejunya pun sengaja saya gunakan lebih banyak dan dipotong kotak biar lebih mantep ketika dimakan. Smoked beef saya ganti dengan potongan daging ayam. Se Pontianak ituh yang ada jual smoked beef cuma hypermart. Itupun ga selalu ada. Jadi yang namanya smoked beef itu barang langka.

Resep diambil dari bukunya Nyonya Rumah Julie Sutarjana - 225 Resep Hidangan Spesial Pilihan Favorit Sepanjang Masa.

Bahan:
100 gram macaroni, rebus sampai matang, potong 0,5 cm
50 gram daging asap, iris halus (saya ganti dengan daging ayam yang sudah direbus terlebih dahulu dengan sedikit garam, potong dadu)
50 gram keju parut (saya pakai 100 gram keju, potong kotak)
50 gram mentega (saya pakai margarin)
400 ml susu
50 gram tepung terigu
Pala, merica, garam secukupnya.
Peterseli secukupnya, iris halus (saya ga pake)
1 sdm bawang merah irisan
2 butir telur, kocok lepas
Tepung roti secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:
- Tumis bawang merah, peterseli, dengan mentega hingga setengah matang.
- Masukkan tepung terigu, susu, dan bumbu, aduk hingga rata. Masukkan makaroni, daging asap, dan keju parut. Aduk sampai rata, angkat. Biarkan dingin
- Pulung adonan berbentuk panjang, gulung di tepung roti, celup di kocokan telur, lalu gulung lagi di tepung roti. Goreng hingga kuning keemasan. Angkat.

2 komentar: