Sambal Belacan


Belacan itu sebutan bagi orang melayu untuk terasi. Hmm apakah terasi yang disebut belacan itu sama dengan terasi yang umum digunakan di daerah lain? Saya rasa sama saja. Ataukah ada yang bisa membedakannya?

Pagi ini saya coba bikin sambal belacan untuk explore resep sambal yang baru sedikit saya posting disini. Rasanya hmm... sedap dimakan dengan apa saja. Pedasnya masih bisa saya terima. Ga terlalu pedas untuk lidah saya.

Resep saya ambil dari bukunya Mas Budi Sutomo - Koleksi Resep Sambal dan Saus

Bahan:
10 buah cabai merah keriting, potong-potong.
5 buah cabai rawit merah, potong-potong
5 buah bawang merah, potong-potong
1 sdt terasi (belacan), bakar / sangrai
1 sdm air jeruk nipis
3 sdm minyak goreng
2 sdt irisan gula merah
1 sdt garam halus

Cara Membuat:
- Panaskan minyak. Tumis bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit hingga matang. Angkat.
- Ulek bahan sambal yang telah digoreng dengan terasi, gula merah, air jeruk nipis, dan garam hingga lembut.
- Tuang sambal ke dalam tempat saji. Hidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar