Ikan Maskrim


Saya itu entah kenapa lebih menyukai ikan ketimbang bahan makanan lain seperti daging, udang, ayam, atau sotong. Makanya tiap belanja, yang paling banyak dibeli ikan ketimbang yang lain. Mungkin karena ingatan akan masa lalu kali ya.

Dulu nenek dari ibu sering sekali memasak ikan buat saya. Ikan dimasak kuning yang dibilang ikan pindang. Dulu saya paling suka ikan juara. Pernah dengar? Ada juga yang bilang ikan juare. Ikan juaranya dimasak pindang juga. Jadi ikan sudah lama diperkenalkan kepada saya dan saya suka itu. Beda dengan anak sekarang yang lebih suka ayam daripada ikan. Fiuhhh...

Biasanya ikan kembung paling cuma saya goreng. Tadi mau cobain gaya baru. Ikan kembungnya saya masak kuning. Ikan maskrim ini berasal dari maluku. Memiliki cita rasa pedas dan asam tapi kuah tetap bening. Sukaaa deh. Sayang ayah kirana ga suka. Dia lebih memilih ikan yang sudah saya masak maskrim ini digoreng kembali.

Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga - Dapur Indonesia

Bahan:
500 gram ikan kembung, bersihkan
2 sdm asam jawa + 100 ml air
2 lembar daun pandan, potong 5 cm
15 buah belimbing wuluh, belah 2
10 buah cabai rawit utuh
1/2 sdt merica bubuk
1-2 sdt garam
300 ml air

Bumbu Halus:
10 buah bawang merah
2 sdt kunyit cincang
3 batang serai, ambil bagian putihnya, iris tipis
1 sdt garam

Cara Membuat:
- Lumuri ikan dengan 1/2 bagian larutan asam dan 1 sdt garam. Diamkan 30 menit, tiriskan.
- Tumis bumbu halus sampai harum. Tuangkan air sambil masukkan semua sisa bahan, kecuali ikan dan air asam. Didihkan, beri air asam, masukkan ikan, masak sampai matang dan kuah terasa cukup asam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar