Ayam Banam Kuah Kecap


Kenapa sekarang moto makin ga karuan ya modelnya. Maaf.. maaf.. lagi ga mood moto di cuaca Pontianak seperti sekarang ini. Matahari ga bisa nembus karena tebalnya asap. Jadi suasana kota ya memang ga ada sinar mataharinya, cuma terang aja. Jadi moto di tepi jendela di dalam rumah pasti gelap. Nah.. kalau mo moto seterang ini saya mesti angkut-angkut semua mulai dari papan, artis yang mau difoto, properti, kamera, dll ke teras belakang. Teras belakang itu pakai kanopi bening. Jadi bisa moto-moto disitu tanpa kena sinar yang terlalu kuat. Yang saya ga sanggup itu angkut-angkutnya. Makanya sekarang ini moto minim banget propertinya. Karena moto mesti cepat, kalau moto lama, si artis bisa kena jerebu (abu hasil pembakaran hutan). Jadi ya semua harus dilakukan cepat. Cuma beberapa kali take, selesai deh, langsung beberes. Maka foto pun kebanyakan cuma satu gitu. Sulit mau ambil dari angle berbeda karena si jerebu itu bakal nempel ke artisnya. Duhhh lama ga hujan.

Balik ke cerita ayam, kali ini saya masak ayam banam kuah kecap. Masakan ini berasal dari banjarmasin. Banam sendiri dalam bahasa banjar berarti dibenamkan atau dipendam di dalam tanah. Nah, dalam masakan ini bisa diartikan dibenamkan di dalam bumbu. Hampir mirip dengan ayam kecap, yang membedakannya si ayam dipanggang dulu baru dimasak dengan kecap. Jadi ketika disantap, ada aroma khas dari ayam yang dipanggang.

Resep saya ambil dari bukunya Saji - Mudah Memasak Kuliner Nusantara

Bahan:
1 ekor ayam, potong 8 bagian
2 siung bawang putih, cincang kasar
6 butir bawang merah, cincang kasar
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
3 sdm kecap manis
450 ml air
1/2 sdt air jeruk nipis
2 sdm minyak untuk menumis.

Cara Membuat:
- Lumuri ayam dengan1 sdt garam dan 1 sdt merica bubuk. Tusuk-tusuk. Diamkan 25 menit. Bakar sambil dibolak balik di atas bara api sampai kecoklatan.
- Panaskan minyak. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk rata.
- Tuangkan air. Biarkan mendidih.
- Masukkan garam, merica bubuk, dan kecap manis. Aduk rata. Menjelang diangkat, tambahkan air jeruk nipis. Aduk rata. Angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar