Kue Cubit


Hari ini Pontianak lebih berasap lagi. Foto ini diambil tadi sore karena kuenya selesai dibikin udah sore. Foto diambil jam 16.30. Harusnya masih terang kan? Ini iso-nya udah dinaikin jadi 800. Tapi masih aja gelap. Udah disotosop pun tetep tidak akan seterang yang awal mula diinginkan. Sambil moto, sambil niupin jerebu yang nempel di kueh. Saya salah memperhitungkan strategi, udah ga bisa lagi moto pagi atau sore. Jadi mesti moto siang banget itupun di luar. Benar-benar di bawah matahari kalau mau dapet efek terangnya. Kangen moto pagi dan sore di tepi jendela. Beberapa hari ini hidung gatel, flu juga ga berhenti semenjak asap mulai menebal. Ohh... kami merindukan udara bersih.

Maaf curcol ya. Okeh balik lagi ke kue cubit. Ini kali kedua bikin kue cubit. Kali ini pake cetakan pofertjes biar lucu aja bentuknya, one bite gitu. Atasnya saya kasi cokelat koin dari parcel lebaran yang sampai sekarang belum habis dimakan. Ternyata karena kue cubitnya kecil terus dikasi cokelat koin jadi lucuu banget bentuknya. Ketika cokelat koinnya mau ditempelin ke atas kue cubit, tunggu kue cubitnya udah mau diangkat ya baru dikasi. Kalo engga entar cokelatnya lumer terkena panas. Ketika kue diangkat dari cetakan pun hati-hati karena cokelat koinnya gampang melorot kalau diangkatnya dalam posisi miring. Dannn entah kenapa saya itu bukan pecinta kue cubit setengah mateng. Padahal yang lagi kekinian itu yang setengah matang kan ya...

Resep diambil dari bukunya Hadi Anto dan Topan - Kue Mungil Sajian Istimewa. Aslinya kue cubit ini plain. Tapi saya bikin versi cokelatnya. Sukakk deh sama resepnya. Saya bikin setengah resep jadinya lebih dari 80 buah kue yang berukuran mini seperti ini.

Bahan:
6 butir telur ayam
375 gram gula pasir (untuk setengah resep saya pakein 100 gram cokelat masak yang dilelehkan + 60 gram gula pasir)
1 sdt vanila bubuk
1 sdt ragi instant
500 gram tepung terigu (untuk setengah resep saya gunakan 200 gram terigu + 50 gram cokelat bubuk)
100 gram tepung maizena
750 ml santan kental
200 ml susu kental manis (untuk setengah resep saya gunakan 3 sachet susu kental manis cokelat)
175 gram margarin, cairkan
Garam secukupnya

Cara Membuat:
- Kocok telur, gula pasir, vanili bubuk, dan ragi instant hingga putih dan mengembang.
- Masukkan tepung terigu dan tepung maizena, aduk hingga rata.
- Tuang santan, susu kental manis, dan garam, aduk rata. (tuang santan secara perlahan, disini saya menambahkan cokelat masak yang sudah dilelehkan)
- Masukkan margarin, aduk hingga rata. Diamkan adonan selama 1 jam. (adonan akan bergerindil, tetapi apabila tepung sudah tercampur rata, tidak masalah)
- Panaskan cetakan, tuang adonan hingga 3/4 tinggi cetakan. Panggang hingga matang. (cetakan saya oles dengan margarin biar mudah angkatnya, pastikan adonan tidak penuh karena kue akan mengembang ke atas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar