Mochi


Pengen ikutan kekinian bikin sesuatu yang green tea, akhirnya percobaan pertama dari bubuk green tea buatan korea yang saya beli di Food Hall dimulai dengan membuat mochi green tea. Menurut cerita beberapa blogger, bubuk green tea itu kalau dibuat cake yang dipanggang warnanya akan burem hijaunya. Nah.. karena mochi ga dipanggang, jadinya saya uji coba.

Ternyata cakep banget mochi dipakein green tea. Takarannya saya pakai ilmu kira-kira yaitu 1 sdm bubuk green tea untuk kulit dan 1 sdm bubuk green tea untuk isian. Sotoy ya saya. Untuk kulit masih oke, untuk isian kayaknya terlalu banyak green teanya deh, mungkin akan lebih baik cuma pakai 1/2 sdm aja. Isiannya dominan rasa green tea yang agak cenderung pahit. Karena saya ga suka kacang tanah, jadi dalemnya mochi saya ganti dengan kacang hijau buka kulit. Nah.. sepertinya itu yang bikin rasa green teanya dominan banget.

Menurut selentingan, kalau mau cakenya berwarna green tea yang cantik, gunakanlah pasta green tea, bukan bubuk green tea. Termasuk penjual kue yang lagi booming dengan semua yang dijual green tea itu, kebanyakan ya pakai pasta green tea, bukan bubuk green tea. Ya iyalah secara harga bubuk green tea yang gradenya bagus mahal sekali. Mo dijual berapa kan sajiannya kalau dipakein bubuk green tea asli. Tapi ya namanya juga pasta, jadi ya cuma sekedar rasa pasta doang. Penampilan doang yang green tea, tapi rasa ya jauh dari green tea.

Resep saya ambil dari bukunya Ny. Liem - Kue Basah Pilihan

Bahan I:
1 bungkus (500 gram) tepung mochi siap pakai atau 200 gram tepung ketan + 20 gram tepung beras (saya pakai tepung ketan dan tepung beras)
130 ml air
60 gram mentega putih / mentega kuning, cairkan
1/2 sdt esens pisang (saya pakai 1 sdm bubuk green tea)
50 gram gula pasir

Bahan II: (campur jadi satu)
200 gram kacang tanah panggang, haluskan (saya pakai kacang hijau buka kulit, rendam sebentar, kukus hingga matang)
100 gram gula pasir
1/2 sdt vanila bubuk (saya pakai 1 sdm bubuk green tea - kebanyakan ^_^)
1/4 sdt garam

Bahan III:
Tepung maizena secukupnya

Cara Membuat:
- Bahan I: campur tepung mochi dengan gula pasir dan air hingga menjadi satu. Kocok dengan mikser kecepatan sedang hingga tercampur rata.
- Tuang mentega cair, aduk. Tambahkan esens pisang.
- Kukus ke dalam panci pengukus selama 10 menit hingga matang. Angkat, taburi dengan bahan III sambil diaduk hingga rata dan tidak lengket.
- Giling adonan, potong dan bentuk sesuai selera, isi dengan bahan II.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar