Lumpur Durian


Bikin lumpur lagiii. Bosan ya lihat saya sering posting kue lumpur? Hihihi... maap. Soalnya kue lumpur bisa jadi kue sambilan yang saya buat disambil ngerjain yang lain. Karena memanggangnya lama, jadi ya bisa sambilan.

Kebetulan ada durian yang dibeli oleh ayahnya kirana sama bibi yang biasa lewat di depan ditoko, beli 2 buah doang dan ternyata salah satu durian ini ternyata tawar, jadinya ya dibikin kue aja. Karena udah lama ga makan lumpur durian, jadi ide pertama yang terlintas ya lumpur ini. Eh ya, durian di Pontianak masih mahal, kemaren beli ukuran sedang kena 35 ribu / buah, berat dagingnya cuma 135 gram, hohoho....

Saya paling doyan uji coba resep kue lumpur. Ga boleh nemu resep kue lumpur, rasanya tangan gatal pengen nyobain. Seperti kali ini cobain resep yang baru lagi. Cuman saya mau koreksi dikit resepnya, di uji coba pertama sesuai resep, ternyata kue lumpurnya lembut sekali, saking lembutnya sampe banyak yang patah ketika diangkat, ketika matang pun menciut. Bagi penggemar kue lumpur yang super lembut, resep asli ini boleh dicoba. Kemudian setengah resepnya lagi saya coba tambahi tepung terigu, hasilnya kue lumpur jadi jauh lebih padat dan mudah ketika dikeluarkan dari cetakan. Saya pribadi lebih senang kue lumpur dengan terigu yang ditambah karena bentuknya tetap cantik ketika dikeluarkan dari cetakan kue lumpur. Mau lihat perbandingan antara bagian pertama resep asli dan bagian kedua dengan tambahan terigu? Di gambar saya perlihatkan keduanya. Yang di atas itu buatan bagian pertama, dan yang di bawah itu buatan bagian kedua. Suka yang mana? Silakan disesuaikan dengan selera masing-masing.

Resep saya ambil dari bukunya Nindya Widoyo - 40 Sajian Lezat Hasil Olah Durian

Bahan:
4 kuning telur
2 putih telur
150 gram gula pasir (saya pakai 100 gram gula pasir)
1/4 sdt garam
400 gram kentang kukus, haluskan
50 gram tepung terigu (saya sarankan menjadi 100 gram)
300 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa (saya pakai santan instant)
1 sdt pasta durian (saya ga pake)
50 gram daging durian (saya gunakan 135 gram daging durian)
3-4 sdm jagung manis / kelapa muda kerok / kismis (saya gunakan kismis kuning dan hitam, rendam sebentar di air hangat, tiriskan)

Cara Membuat:
- Kocok kuning telur, putih telur, gula, dan garam hingga mengembang.
- Masukkan tepung terigu dan kentang. Tuangkan santan dan pasta durian, aduk hingga rata.
- Masukkan daging durian, kocok dengan mikser kecepatan rendah kurleb 1 menit.
- Panaskan cetakan kue lumpur yang sudah diolesi sedikit minyak, lalu masukkan adonan, tutup dan beri bara api di atasnya. (saya tidak menggunakan bara api)
- Panggang hingga setengah matang dengan api kecil, lalu taburi atasnya dengan jagung manis / kelapa muda / kismis. Teruskan memanggang hingga matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar