Ensaymada


Pernah mendengar ensaymada? Ensaymada itu sejenis roti manis yang berasal dari Filipina. Roti manisnya bukan roti manis pada umumnya. Tapi lebih mirip perpaduan antara roti dan cake. Roti pada umumnya menggunakan sedikit telur atau tanpa telur sama sekali. Ensaymada ini menggunakan 7 kuning telur sodara-sodara. Teksturnya berongga seperti roti tetapi lembut seperti cake. Penasaran??? Ayo dicoba.

Buat yang ga tahan ngebanting adonan roti hingga kalis elastis sepertinya cucok bila mencoba ensaymada ini. Adonan hanya cukup hingga tercampur rata saja. Adonan teksturnya lembut jadi tak perlu elastis. Jadi membuang udara di dalam adonan pun bisa dilakukan dengan mudah.

Harusnya ensaymada ini berbentuk bunga, karena adonan dilingkarkan di cupcase. Tetapi yang namanya saya itu ga apik untuk bikin yang seperti itu, alhasil, ensaymada saya gendut-gendut dan pasti ga mungkin bisa berbentuk bunga, entah berbentuk apalah ensaymada ini, yang penting ensaymadanya jadi. Oh ya, karena mesti difermentasikan berkali-kali, jadi pekerjaan membuat ensaymada ini membutuhkan waktu yang panjang. Bisa disambil dengan mengerjakan pekerjaan lain saking lamanya. Saya bisa sambil masak, nyuci baju, ngelipat baju, hehehe… Kirana pun dari awal mula bantu aduk-aduk, tertidur, sampai bangun baru dipanggang ensaymadanya.


Resep saya ambil dari Tabloid Nova No.1216

Bahan I:
7 gram ragi instant
30 gram gula pasir
75 ml air

Bahan II:
4 butir kuning telur
60 gram gula pasir
150 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram susu evaporated (saya pakai susu cair)

Bahan III:
150 gram mentega tawar
50 gram gula pasir
1 butir telur
3 butir kuning telur
1 sdt garam
260 gram tepung terigu protein sedang

Bahan IV:
100 gram kismis, rendam air panas, tiriskan
3 sdm susu evaporated untuk olesan(saya pakai susu cair, makanya jadi kurang berkilau rotinya)
25 gram mentega untuk olesan
2 sdm gula pasir untuk taburan

Cara Membuat:
- Aduk semua bahan I hingga rata, diamkan 20 menit di tempat hangat hingga mengembang.
- Bahan II: kocok kuning telur dan gula pasir sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu bergantian dengan susu evaporated dan campuran bahan I sambil dikocok rata. Diamkan selama 30 menit.
- Bahan III: kocok mentega tawar dan gula pasir sampai lembut, masukkan telur, kuning telur, dan garam sedikit-sedikit sambil dikocok rata. Tambahkan tepung terigu, aduk rata, masukkan campuran bahan II. Uleni sampai kalis lalu diamkan selama 45 menit. (saya uleni dengan spatula)
- Mixer lagi adonan sampai kalis dan lembut, diamkan lagi selama 30 menit. Kempiskan lalu tambahkan kismis, uleni hingga rata dan timbang adonan masing-masing 40 gram, bulatkan lalu diamkan 10 menit. (saya ga mixer, tapi aduk rata dengan spatula untuk membuang angin yang ada di dalam adonan)
- Giling adonan hingga berbentuk tambang kecil dengan tangan. Gulung lalu membentuk melingkar sambil ditempatkan di cup kertas. Letakkan cup kertas di Loyang pai. Diamkan 90 menit di tempat hangat, olesi susu evaporated. Panggang dalam oven 15 menit dengan suhu 180 C sampai matang dan kuning keemasan.
- Keluarkan dari oven, panas-panas olesi mentega, taburi gula pasir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar