Skotel Kentang Jamur Keju (LBT Sajian Ramadhan dan Lebaran 2015)


Lamaa ya LBT ga ada PR. Karena pas lagi rajin, jadi saya bikin skotel kentang jamur keju untuk kami berbuka puasa. Bikinnya kemaren pagi, potoh potoh terus taruh lagi di oven. Sorenya pas mau berbuka puasa baru diangetin. Hmm enak.... Kentang itu diapain aja memang enak kok. Atasnya kentang saya taburi mozarela yang banyak. Kirana suka sekali dengan skotel kentang ini.

Kentang diolah menjadi sajian itu sangat mengenyangkan. Ya karena kentang itu salah satu sumber karbohidrat ya. Kalau saya, masih ngerti mengganti nasi ke kentang. Tapi saya masih belum bisa mengganti dengan umbi umbian yang lain seperti singkong, ubi jalar, dll. Belum kenyang soalnya... maklum perut gajah.


Resep diambil dari bukunya Sufi S Y – Menu Lezat & Praktis 30 hari

Bahan:
400 gram kentang, kukus, haluskan (saya gunakan 100 gram kentang flakes ditambah 300 gr air mendidih, aduk hingga rata)
100 gram jamur segar, iris tipis (saya pakai jamur kalengan)
50 gram keju parut
4 butir telur, kocok sebentar
500 ml susu cair
1 sdt merica bubuk
1/3 sdt pala bubuk
75 gram bawang bombai, cincang halus
3 sdm mentega (margarin)

Cara Membuat:
- Panaskan 2 sdm mentega (margarin), tumis bawang bombai hingga harum. Angkat, tempatkan dalam wadah.
- Campur kentang ke dalam wadah berisi tumisan bawang bombai, aduk rata. Masukkan sisa bahan, kecuali mentega, aduk rata.
- Siapkan wadah tahan panas, olesi tipis mentega. Tuang adonan kentang, ratakan permukaannya, panggang dalam oven dengan api sedang hingga matang. Angkat dan hidangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar