Double Chocolate Strip Cookies


Kali ini bikin ala ala chocolate stick cookies gitu. Yang ini versi bedanya. Base cookiesnya berwarna coklat dan atasnya dikasi strip putih. Cantik ya kukisnya. Karena kukisnya berwarna coklat jadi agak-agak trik sebenarnya mengetahui kapan kukisnya matang. Karena kalau dilihat dengan mata, memang tak terlihat. Jadi mari kita lihat dengan hati (eyaaaa), beneran lo, berdasarkan filling aja. Jika kukis sudah terlihat kering bagian atasnya, bisa segera diangkat.

Oh ya ternyata chocolate stick itu ketika kukisnya sudah matang perlu perhatian khusus. Kondisi cokelat ketika panas mudah rusak, misalnya ga bisa kena tangan atau apapun. Jadi pindahkan kukis dengan hati-hati dari loyang ke cooling rack dan biarkan hingga cokelatnya benar-benar set. Butuh waktu agak lama hingga cokelat benar-benar set dan apabila dipegang tangan ga akan boncel-boncel lagi. Kasi strip putihnya pun saya acak adut. Ada yang miring-miring, ada yang tebal, ada yang putus juga. Maklum masih amatiran.

Resep diambil dari bukunya Chendawati - Stick Cookies. Karena buku-bukunya chendawati itu banyak sponsornya dan pakai nama merek, jadi untuk memudahkan, nama merek saya hilangkan ya.

Bahan A:
200 gram mentega
200 gram margarin
150 gram gula halus
150 gram gula pasir

Bahan B:
2 butir telur

Bahan C:
2 sdt baking powder (saya ga pake)
1 sdt soda kue
40 gram susu bubuk
50 gram bubuk coklat merah (saya pakai bubuk cokelat delfi)
15 gram bubuk coklat (saya pakai bubuk cokelat delfi)
800 gram tepung terigu

Bahan D:
250 gram chocolate stick

Cara Membuat:
- Kocok bahan A hingga setengah mengembang.
- Beri bahan B, kocok kembali sampai rata.
- Beri bahan C, aduk sampai rata dengan blender pastry. (saya gunakan spatula)
- Kemudian adonan diroll seukuran 4 mm. Beri chocolate stick. Kemudian potong-potong ukuran 1/2 cm x 7 cm. (saya pakai cutter dan chocolate stick dibagi 3)
- Angkat lalu susun di loyang yang telah diolesi dengan bahan pemoles loyang.
- Panggang dengan suhu 150 C selama 20 menit. Lalu turunkan suhu oven menjadi 100 C, panggang kembali selama 20 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar