Almond Butter Balls


Bikin kukis lagi dan lagi. Entah kenapa puasa ini semangat sekali bikin kukis. Padahal di rumah ga lebaranan kok, kita sibuk mudik. Hohoho…. Adrenalin sedang meningkat sepertinya. Jadi walaupun ngantuk tetep aja semangat bebikinan.

Kali ini bikin almond butter baals. Pake almond bubuk dan almond cincang. Karena di TBK langganan ga ada jual almond bubuk, jadi saya bikin almond bubuk sendiri. Caranya almond slice dan sedikit gula bubuk diblender dengan blender dry mill. Kenapa ditambahkan gula bubuk? Supaya ketika diblender, kacangnya ga menggumpal.Saya tahu trick ini waktu ikut demo bakingnya collata. Kalau ga ada almond boleh diganti dengan mente.

Bikin almond butter balls ini dibantuin sama Kirana buat ngebuletinnya. Kalo ngebuletin, agak lumayan lah Kirana udah mulai sedikit bisa walau masih tak terlalu bulat. Ngerjainnya pun ga lama kok. Biar bentuknya seragam, saya timbang @10 gram. Almond butter balls ini mirip dengan putri salju, tapi versi bulatnya.


Resep diambil dari bukunya Chendawati dan Ny.Liem - Kue Kering Klasik

Bahan I:
125 gram mentega
125 gram margarin
1/2 sdt garam
50 gram gula bubuk
100 ml lemon pasta (saya ga pake)
1 sdt emplex (saya ga pake)
1/2 sdt vanila bubuk
2 kuning telur
1 putih telur

Bahan II:
100 gram almond cincang, panggang 1/2 matang (saya gunakan almond slice)
100 gram almond bubuk, panggang 1/2 matang (saya gunakan almond slice dan sedikit gula bubuk, dihaluskan dengan dry mill)

Bahan III:
1 sdt baking powder (saya ga pake)
400 gram tepung terigu protein sedang

Bahan IV:
Gula donat secukupnya

Cara Membuat:
- Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan putih. Tambahkan bahan II, aduk. (saya kocok sebentar saja hanya sampai tercampur rata)
- Masukkan bahan III sedikit demi sedikit, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
- Bentuk bulat adonan sebesar kelereng, letakkan dan susun di dalam loyang yang telah diolesi dengan sedikit margarin hingga rata.
- Panggang ke dalam oven dengan suhu 150 C selama 15 menit, kecilkan suhu oven menjadi 100 C lalu panggang kembali selama 15 menit hingga matang dan kering. Angkat dan dinginkan.
- Gulingkan ke dalam gula donat hingga rata, ulangi sekali lagi. Simpan ke dalam stoples kedap udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar