Nasi Ayam Hainan


Kepengen bikin nasi ayam hainan ini udah dari lama banget. Entah setahun atau dua tahun yang lalu. Trus lebaran tahun lalu pas mudik diajakin makan nasi hainan di salah satu restoran jepang. Seporsi kecil banget harganya 6,500. Pas makan langsung bercita-cita kepengen bikin juga. Tapi niat tinggallah niat. Sampai tadi pagi saya semangatin buat bikin. Beli ayam udah dari kemaren. Niat banget pengen bikin. Akhirnya tercapai juga. Terbayar capenya dengan rasanya yang jauh jauh lebih enak daripada yang ada di restoran jepang. Modal ga besar tapi bisa makan puas untuk siang dan malam juga. Suka kan?

Kalau dibaca resepnya sepertinya ribet. Tapi kalau dikerjain ga juga kok. Sama seperti kita masak biasa. Di resep asli nasinya diaron dulu baru dikukus pake dandang. Tapi saya masak nasinya pake magic com.Jadi tinggal cemplung-cemplung deh. Yang pertama rebus dulu ayamnya dengan api kecil banget, ambil kuah kaldunya, baru masak nasi di magic com. Masukin semua bahan-bahan ke magic com. Bumbu pun dimasukin ke ayam dan dimasak dengan api kecil. Nasi masak, ayam pun sudah siap dimakan. Ga sulit dan ribet kan?


Resep diambil dari bukunya Ibu Fatmah Bahalwan & Tim NCC - 241 Resep Masakan Favorit Anti Gagal

Bahan:
600 gr beras pulen
2 sdm margarin
2 siung bawang putih cincang
600 ml air kaldu
3 btg daun bawang, ambil bagian batangnya aja, potong panjang (3 cm)
1 bh bawang bombai besar, iris tipis
2 cm jahe, memarkan
1 ekor ayam
1500 ml air
1 1/2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk (saya pakai banyak)
200 gr lobak putih, belah dua, lalu iris tipis melintang (saya ga pake)
1 bh kaldu blok, bila suka (saya pakai kaldu jamur)
1 kaleng jamur kancing, iris tipis

Cara membuat:
- Didihkan 1 1/2 liter air, masukkan ayam, lebus hingga ayam empuk. Kemudian ambil kaldu yang diperlukan untuk memasak nasi sebanyak 600 ml. Teruskan memasak, masukkan bawang putih cincang, daun bawang, merica, jahe, garam dan kaldu blok (optional). Didihkan sekali lagi, dan masukkan lobak. Angkat ayam, sisihkan.
- Dalam panci, lelehkan margarin, tumis bawang bombai, bawang putih cincang dan jahe hingga harum. Masukkan jamur, garam dan kaldu blok, aduk rata. Masukkan beras, aduk rata.
- Kemudian masukkan beras, aduk kembali hingga rata. Tuang kaldu, biarkan mendidih, dan masak hingga menjadi aron. Kukus dalam dandang selama 20 menit.
- Buat sausnya: Dalam mangkok, tuang 2 sdm kecap manis, 1 sdm kecap asin, 1 sdm minyak wijen, daun bawang iris, lalu tuang kaldu ayam panas, aduk.
- Cara penyajian: Hidangkan nasi dalam satu piring, ayam rebus di piring tersendiri dan kuah dalam mangkuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar