Pangek Ikan



Maaf ya sering posting tentang ikan gabus. Mudah-mudahan ga bosan dengan postingan saya. Maklum Kirana lagi harus makan ikan gabus untuk meningkatkan albumin di dalam darahnya. Jadi saya usahakan kami serumah makan ikan gabus, kalau lagi ada stok 2 hari sekali, itupun dihemat-hemat.

Kali ini saya coba bikin pangek ikan. Salah satu masakan khas dari Sumatera Barat. Kalau buat saya pangek ikan ini mirip ikan pindang. Dimasak dengan kuah kuning gitu. Alhamdulilah kirana suka. Takaran cabe pun dikurangkan supaya Kirana bisa makan.

Resep diambil dari bukunya Yasaboga - Dapur Indonesia

Bahan:
1 ekor (800 gram) ikan laut / sungai yang berdaging tebal, potong 3-4 (saya pakai gabus)
1 lembar daun kunyit
2 batang serai, memarkan
5 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya
1-2 potong asam kandis

Bumbu Halus:
10 buah cabai merah (saya cuma pakai 3)
8 buah bawang merah
1 siung bawang putih
1 sdm jahe cincang
1 sdt kunyit cincang
1 sdt lengkuas cincang
3 buah kemiri, sangrai
1 sdt garam

Cara Membuat:
- Lumuri ikan dengan 1 sdm air jeruk nipis dan 1 sdt garam, diamkan 15 menit, tiriskan.
- Taruh ikan bersama bumbu halus beserta semua bahan dalam wajan, tuangi air sampai ikan terendam. Masak dengan api kecil sampai asat dan ikan matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar