Kaaskroketjes


Kaaskroketjes dikenal juga sebagai kroket keju. Rasanya tentu ngejuu sekali. Duh endes rasanya. Apalagi dimakan ketika hangat. Buat pecinta keju, cobain deh. Saya perkenalkan kaaskroketjes ini sebagai kroket lumer. Hmm enak.

Yang agak trik itu buat saya proses ketika memulungnya. Adonan yang saya buat bener-bener ga bisa dipulung karea adonan begitu lembek. Saya rasa mungkin ketika susu cair dimasukan ke dalam adonan margarin dan terigu dan dimasak, kondisi adonan masih terlalu lembek. Harusnya lebih kental kali ya. Karena adonan saya lembek, jadi saya akalin pake sendok.

Biar besarnya sama, saya timbang adonan @15 gram. Karena ga bisa dipulung, jadi adonan yang sudah ditimbang saya ambil pakai sendok, terus taruh aja di tepung roti. Baru pulung di tepung roti. Itu jauh lebih mudah ketimbang memaksakan diri untuk bisa dipulung dengan menambahkan bahan-bahan lainnya. Supaya lebih mudah, proses menambahkan tepung roti itu bisa dilakukan di atas loyang datar. Jangan dilakukan di mangkuk karena akan merubah bentuk kroketnya. Kalau mau pakai telur utuh untuk pelapisnya juga bisa, tapi biasanya jika menggunakan telur utuh, ketika digoreng, minyak akan berbusa, kalau hanya menggunakan putih telur, minyak tetap akan bening warnanya.

Resep diambil dari bukunya Nyonya Rumah Julie Sutarjana - 225 Resep Hidangan Spesial Pilihan Favorit Sepanjang Masa

Bahan:
150 gram keju yang sudah diparut
1/2 sdt merica dan garam (saya pakai banyak merica)
300 ml susu
50 gram mentega
50 gram tepung terigu
2 kuning telur ayam
Tepung roti secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:
- Mentega dipanaskan, masukkan tepungnya, aduk-aduk sebentar, lalu tuangkan susunya sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk-aduk sampai kental dan rata. Angkat lalu masukkan kuning telur yang telah dikocok, keju parutan, garam, dan merica.
- Jika sudah dingin pulungi bulat-bulat memangjang kira-kira sebesar ibu jari. Gulingkan ke dalam tepung roti, celup ke dalam putih telur yang telah dikocok sebentar, lalu gulingkan lagi ke dalam tepung roti. Jika semua pekerjaan sudah selesai, goreng dengan minyak yang panas sekali sampai warnanya kuning kecoklatan. Dihidangkan panas-panas dengan saus mustard.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar