Pukis


Akhirnya saya bikin pukis juga. Setelah lama cetakan pukis itu terdampar di rumah saya, akhirnya saya berdayakan saja. Alhamdulilah masih ada waktu buat ngebuatnya. Untuk camilan Kirana nih ceritanya.

Seperti biasa, edisi kali ini masih dibantu sama Kirana. Semangat sekali Kirana ngebantu bikin kue. Yang namanya kue seperti ini kan memanggangnya cukup lama, Kirana ga sabaran aja bawanya. Berkali kali bolak balik depan tv dan dapur buat nanyain kuenya udah masak atau belum. Kata perut, perut lapar. Duhh si cantik itu begitu menggemaskannya.

Pukis yang saya bikin ini yang versi ga berlubang-lubang kuenya. Kalau buat saya, rasanya malah mirip martabak bolu. Hmm enak. Karena di rumah masih ada meises hadiah dari Chefmate, sekalian aja dicobain pake untuk toppingnya sosis. Kirana sukaaa


Resep diambil dari bukunya Tim Dapur DeMedia - Aneka Jajanan Pasar Populer. 1 resep ini untuk 31 buah pukis ukuran sedang.

Bahan:
250 gram tepung terigu
1 sdt ragi instant
4 butir telur
200 gram gula putih (saya pakai 150 gram)
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa (saya gunakan santan instant + susu cair)
3 sdm margarin untuk olesan
3 sdm meises
50 gram keju cheddar, diparut (saya ga pake)

Cara Membuat:
- Ayak tepung terigu, lalu campur dengan ragi instant, aduk rata. Kocok telur dan gula hingga kental dan mengembang. Masukkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk rata. Tambahkan santan, aduk hingga rata. Diamkan selama 30 menit.
- Panaskan cetakan kue pukis, olesi dengan margarin. Tuangkan adonan ke dalam cetakan kue pukis hingga tiga perempatnya. Setelah bagian tepi membeku, taburkan meses atau keju. Biarkan hingga matang. Angkat dan sajikan dalam keadaan hangat.

2 komentar:

  1. Mbk Rika pukisnya cantik,pengen nyoba ah..ini ngak pake emulsifier ya..nina bikin porinya banyak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba ito, pukis yang ini tanpa emulsifier. Soalnya di rumah lagi mengurangi penggunaan emulsifier. Tapi ya ga berpori gitu dalemnya. Mulus aja.

      Hapus