Pangsit Goreng (KB#4)

 
Haiyahhhh lupa kalo batas waktu kb dimsum itu tanggal 10. Sudah beberapa hari ini ga bisa online karena kesibukan (cie... padahal aslinya kalo malam lebih milih bobo cantik daripada ngeblog, beberapa hari ini cape soalnya). Jadi tetep saya setor ya ibu host Mba Ina yang cantik. Sekedar untuk memeriahkan saja.

Saya bikin pangsit goreng ini sudah beberapa hari yang lalu. Ukurannya ga normal nih, soalnya Ayah Kirana salah beli kulit. Kan saya baru tahu tuh kalau di Jalan Diponegoro Pontianak ada yang bikin homemade kulit lumpia, kulit pangsit, dll. Tempatnya nyempil diantara toko elektronik. Jadi saya minta tolong Ayah Kirana buat beli kulit pangsit disitu. Dan sampailah ayah kirana di rumah, pas saya lihat kulit pangsitnya, lho kok ukuranya kecil. Waduhhh... kacau... Mau dibuang sayang kan ya mubazir, akhirnya saya bikin juga pangsit goreng versi mini. Saya ga tahu juga disitu ada jual kulit pangsit ukuran besar ato ga. Kan saya beli 10 ribu tuh, isinya banyak sekali. Kayaknya ini memang untuk versi mini yang biasa untuk bikin lumpia ebi mini yang digulung itu.

Jangan tanya kenapa lipatannya kacau, saya ga ngerti cara ngebungkus pangsit kalau kulitnya sekecil itu. Dibuat model kantung seperti pangsit goreng pada umumnya ga bisa karena kulit terlalu kecil, akhirnya saya puntel puntel aja sekedarnya. Jadi penampakannya agak kacau gitu. Maap ya. Gue mah gitu orangnya.


Resep diambil dari bukunya Yeni Ismayani - Camilan Gurih Praktis

Bahan:
20 lembar kulit pangsit / kulit spring roll (karena saya pakai ukuran mini, ga hitung berapa banyak makenya)

Isi:
2 siung bawang putih, haluskan
250 gram udang cincang halus
100 gram ayam giling
2 batang daun bawang
1 buah wortel, potong dadu kecil, rebus sebentar
1 butir telur, kocok lepas
1 sdm tepung sagu
1 sdt minyak wijen
Garam dan merica bubuk secukupnya

Cara Membuat:
- Isi: campur semua bahan isi, aduk hingga tercampur rata.
- Ambil selembar kulit pangsit, letakkan satu sendok makan bahan isi di bagian tengahnya, lalu tarik ke bagian kulit ke atas hingga berbentuk sebuah pundi
- Ikat dengan tali, lakukan hal yang sama hingga bahan habis. Goreng dalam minyak panas sedang hingga matang dan kering, angkat dan tiriskan.

1 komentar: