Mie Goreng Jawa


Pernah bikin mie goreng jawa? Saya baru kali ini bikin mie goreng jawa. Kalau mie goreng biasa sih sering. Gaya-gaya mie goreng yang biasa saya bikin pun ya seperti ini juga. Cuma ya namanya only mie goreng. Nah kali ini bikin yang mie goreng jawa.

Kirana dan ayah suka sekali dengan mie goreng jawa. Kirana sampai nambah. Udah pinter juga makan udang rupanya.

Ketika pemotretan ada cerita menarik nih. Seperti biasa, kirana jadi asisten saya ketika pemotretan. Kirana bantuin jagain makanan, ketika saya masuk ke dalam buat ambil sesuatu, ternyata udang yang ada di piring yang di"jaga"nya berkurang dari 6 ekor menjadi 2 ekor. Tapi kirana tuh diam aja, ga bilang kalo udah ambil udang. Pas diliat ternyata sisa 2. Mau ambil lagi ke dapur kok ya males. Ya sudah difoto seadanya aja.

Resep diambil dari bukunya Yasaboga - Dapur Indonesia

Bahan:
200 gram mi basah, bilas air panas, tiriskan (saya gunakan 250 gram mie telur, rendam air biasa hingga mengembang, tiriskan)
200 gram udang kecil / daging ayam, cincang kasar (100 gram saya cincang kasar, 100 gram dibiarkan utuh)
100 gram daun kol, potong kasar
3 sdm kecap manis
2 batang daun bawang - seledri, potong 1 cm

Bumbu halus:
5 buah bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt merica bulat
1/2 sdt garam

Cara Membuat:
Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak sampai harum. Masukkan berturut-turut udang, kol, daun bawang - seledri, aduk sampai udang / ayam berubah warna. Kecilkan api, masukkan mi, aduk sambil diberi kecap dan 2 sdm air. Besarkan api, aduk cepat sampai mi menjadi panas. Angkat. Taburkan bawang goreng sebelum dihidangkan.

2 komentar:

  1. nyoomm mie favorit keluarga...enaaakk...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang namanya mie, diolah apapun tetep enak ya mba selma. Kirana itu pecinta mie. Jadinya sering bikin mie di rumah.

      Hapus