Pindang Serani


Mari mengolah ikan gabus lagi. Buka-buka buku resep dan kali ini pilihan jatuh pada pindang serani. Salah satu masakan ikan yang berasal dari Jawa Timur. Sebenarnya hampir-hampir mirip masakan Indonesia antara daerah yang satu dengan daerah yang lain. Palingan hanya berbeda sedikit bumbu saja dan beda nama. Ahh cinta saya dengan Indonesia.

Kuah yang saya bikin, kuningnya lebih pekat. Aslinya berwarna kuning muda. Warnanya bisa berbeda kemungkinan besar karena saya menggunakan kunyit bubuk. Kalau dari segi rasa mungkin tidak ada perbedaan.

Resep diambil dari bukunya Yasaboga - Dapur Indonesia

Bahan:
800 gram bandeng / belanak / senangin, dll (saya pakai ikan gabus)
1 sdm air jeruk nipis
10 buah cabai rawit
1-2 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 sdm air asam kental
3 buah belimbing sayur / tomat hijau
1 sdm gula merah

Bumbu halus:
7 buah bawang merah
3 siung bawang putih
4-5 cm kunyit, sangrai sampai agak hangus, kupas (saya pakai kunyit bubuk)

Cara Membuat:
- Lumuri ikan dengan campuran 1 sdm air jeruk nipis dan 1 sdt garam, diamkan 10 menit lalu tiriskan.
- Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak sampai harum. Beri kurleb 700 ml air dan air asam, didihkan. Masukkan ikan dan sisa bahan lainnya, kecilkan api. Masak sampai ikan matang dan bumbu meresap. Perbaiki rasanya untuk memperoleh kuah yang kuat asam dan manisnya, berwarna kekuningan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar