Kelapathe


Mari membuat olahan ikan lagi. Kali ini olahan ikan dari Madura. Sebenarnya ikan itu paling bagus dimasak berkuah seperti ini. Jika dimasak berkuah, nilai gizi ikan tetap terjaga. Beda dengan ikan yang digoreng. Manfaat gizi ikan sudah banyak yang hilang. Makanya orang-orang tionghoa lebih suka memasak ikan dengan membuatnya menjadi sup ikan. Dimasak seperti ini pun bagi saya sama saja dengan sup ikan. Yang penting ikannya berkuah.

Saya itu paling ga pandai memotong-motong entah itu ikan, daging sapi, atau ayam. Jadi jika melihat ikan atau daging atau ayam di foto-foto saya itu terlihat dipotong dengan cantik, percayalah jika bukan saya yang memotongnya. Jika saya yang memotong ikannya, maka bisa dipastikan tak akan berbentuk potongan ikan lagi. Contohnya kelapathe ini, tampak amburadul dan tak terlihat seperti ikan bukan? Kalau ke pasar tradisional beli daging, ikan, atau ayam, pasti langsung minta dipotongin sama penjualnya. Jadi saya itu hampir ga pernah memutilasi binatang. Saya itu tahunya beres. Ikan, ayam, atau daging sudah terpotong dengan rapi. Sampai di rumah dibersihin, Taruh wadah tertutup, terus masukkan ke freezer. Selesai deh.

Nah.. pas hari itu Ayah Kirana yang beli ikan tenggiri, beli sekilo kena 45 ribu. Pas dibawa ke rumah, saya buka kantongnya dan langsung shock. Ikannya masih utuh, belum terpotong. Langsung ga enak perasaan dan berpikir keras gimana motongnya. Oke.. tarik napas yang panjang, siapkan parang, bersiap untuk memotong. Ikannya besar, udah kebayang betapa cantiknya ikan ini ketika difoto. Dan ketika mulai dipotong, ikan itu tak seindah yang saya bayangkan. Susah cyn motong ikan. Parangnya kali ya yang ga tajam (parang pulak yang disalahin). Dan gara-gara ikan itu, kapalan yang ada di tangan saya pun kumat, membengkak. Karena kondisi itulah akhirnya ikannya dipotong apa adanya. Asal kepotong aja. Dan beginilah tampilannya. Ga boleh ketawa ya...

Resep diambil dari bukunya Yasaboga - Dapur Indonesia

Bahan:
1 ekor (500 gram) ikan laut berdaging tebal (tenggiri, kakap, kuwe, senangin, kembung)
1 sdt air asam
1/2 sdt garam
350 ml santan dari 1/2 butir kelapa
10 buah belimbing sayur, iris 1/2 cm
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sdt gula merah

Bumbu Halus:
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih
5 buah cabai merah
1 sdt ketumbar sangrai
1/2 sdt merica bulat (saya pakai merica bubuk)
1/2 sdt terasi
1 sdt garam

Cara Membuat:
- Potong ikan sesuai selera, lumurkan campuran air asam dan garam, diamkan kurleb 10 menit, tiriskan.
- Goreng / panggang / kukus ikan sampai matang, sisihkan. Sambil diaduk, didihkan santan, lengkuas, dan bumbu halus. Masukkan ikan, gula, dan belimbing sayur. Setelah mendidih kembali, kecilkan api, masak sampai kuah agak mengental sambil sesekali diaduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar