Bubur Tinotuan


Punya nasi sisa kemaren? Males mau bikin nasi goreng? Bagaimana jika dibuat bubur?

Ini pertama kali saya bikin bubur dari nasi. Ini juga pertama kali bikin bubur tinotuan. Ternyata jika membuat bubur dari nasi lebih cepat empuknya ketimbang bikin bubur dari beras. Karena di rumah udah lama ga ngebubur, jadi nikmat sekali makan bubur tinotuan ini. Benar-benar sarapan yang nikmat dan menyehatkan.

Harusnya bubur tinotuan itu memakai pelengkap seperti ikan asin, ikan bakar / goreng, sambal dabu-dabu dan daun kemangi. Yang saya bikin ini cuma buburnya saja. Oh ya, kalau bisa bikin bubur ini untuk sekali makan ya. Kalau pun mau dipanaskan, lebih baik bikin buburnya saja dulu. Sayurnya dimasukan pas buburnya dipanaskan, jadi sayurnya masih segar. Apalagi ada bayam yang ga boleh dipanaskan kan ya.

Resep diambil dari bukunya Yasaboga - Dapur Indonesia. Resep di bawah ini untuk 1 resep. Yang saya bikin 1/4 resep (pakai 125 gram nasi) hasilnya saja sudah sepanci. Bisa untuk 5 porsi.

Bahan:
500 gram beras
2 L air
2 batang serai, memarkan
1 sdt garam
200 gram ubi jalar, potong dadu 2 cm
2 buah jagung manis, pipil
100 gram daun bayam
150 gram daun kangkung

Pelengkap:
Ikan asin, ikan bakar / goreng, sambal dabu-dabu, daun kemangi.

Cara Membuat:
Didihkan air, masukan beras, serai, dan garam. Dengan api sedang, masak sambil diaduk sesekali sampai beras hancur, cairan menyusut dan mengental. Masukkan semua sayuran, aduk pelan sampai matang.

4 komentar:

  1. enak kayaknya buburnya mbak...
    biar tambah keren, masukin lagi dong foto2 buburnya dr angle yg lain
    Dedy@Dentist Chef

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada angle lain bang dedy. Ini moto edisi buru-buru sambil ditungguin anak. Rempong emak emak yang moto sambil ngasuh anak. Makanya blur pun ga bs take ulang T_T

      Hapus
  2. kayanya enak sekali sob... lumayan ngiler nih..

    BalasHapus