Spaghetti Sausage With Saus Bolognaise


Pertama kali nih nyobain bikin saus bolognaise sendiri. Seringnya beli yang siap saji karena faktor M (Malas). Berbagai merek saus bolognaise sudah saya coba, kok ga pernah ada yang sreg di lidah saya. Makanya kalau yang namanya spaghetti seringnya saya masak aglio olio ketimbang dipakein saus. Nah.. yang suka kalau spaghetti dipakein saus bolognaise itu Ayah dan Kirana. Berhubung Kirana sudah mulai masuk terapi steroid untuk sindrom nefrotiknya dan tidak diperbolehkan makan apapun yang menggunakan bahan pengawet dan harus diet garam, jadi semua asupan Kirana harus homemade yang rendah garam. Tantangan buat mama nih untuk lebih sering rajin di dapur. Eh ga ding... tantangan sebenarnya itu membujuk Kirana untuk makan obat Prednison yang terkenal sangat pahit. Duhh pusing saya....

Kali ini saya bikin spaghettinya ditusuk pake sosis. Mungkin sudah banyak ya para food blogger yang nyobain makan spaghettinya diginiin. Saya aja yang baru nyoba. Huhuhu... kemana aja dirimu Rika. Sosisnya saya pakein sosis ayam, spaghettinya pake yang whole wheat, makanya warnanya kecoklatan. Ternyata spaghetti whole wheat itu agak keras yak daripada spaghetti biasa.

Oh ya, udah pada tahu kan caranya bikin spaghetti sausage seperti ini? Jadi sosis dipotong dua atau tiga bagian, terus ditusuk menggunakan beberapa spaghetti yang masih mentah. Rebus sosis bersama spaghetti dan sedikit minyak hingga lunak, tiriskan. Kalau saya lebih memilih membuat saus bolognaisenya terlebih dahulu daripada merebus spaghetti. Jadi ketika dimakan, spaghetti masih dalam keadaan hangat. Hmm... Kalo mau jujur, saya lebih suka sosis yang digoreng daripada sosis yang direbus seperti ini.

Resep saus bolognaise saya ambil dari bukunya Yasaboga - Koleksi 120 Resep Masakan Sapi.

Bahan:
250 gram daging cincang (saya pakai ayam cincang)
1 buah bawang bombai cincang
1 siung bawang putih, dimemarkan
300 gram tomat, seduh air mendidih, kupas, cincang
1 buah wortel dicincang halus
2 sdm tomat pasta
1/2 sdt basil kering (saya ga pake)
1/2 sdt oregano kering (saya ga pake)
1/2 sdt garam
1 sdt gula
1 bungkus pasta, rebus sesuai petunjuk kemasan (saya pake spaghetti whole wheat + sosis)
Keju parmesan untuk taburan (saya ga pake)
Cara Membuat:
- Tumis bawang bombai dan bawang putih dengan 3 sdm minyak zaitun / margarin sampai layu, masukkan tomat, wortel, aduk. Masukkan daging, aduk sampai berubah warna.
- Tuangkan 200 ml air, masukkan pasta tomat. Masak sampai matang dan saus mengental. Bubuhkan garam dan gula, terakhir basil dan oregano. Hidangkan dengan pasta rebus, taburi keju parmesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar