Oatmeal Pancake Mix


Suka dengan oatmeal atau havermuth? Saya ga suka. Saya itu paling emoh makan oatmeal. Padahal oatmeal itu sehat kan ya?

Jadi saya itu punya sekantung oatmeal yang saya pun lupa kapan dibelinya dan buat apa dibeli. Walau oatmeal dibikin cake, cupcake, atau cookies, tetap saja lidah itu merasa berkeping keping ketika menyantapnya.

Yang saya suka hanya satu, ketika oatmeal dijadikan pembersih wajah. Pernah coba? Jadi ketika mau mandi, ambil 1 sdm oatmeal, beri sedikit air, biarkan sebentar, kemudian mulai bersihkan wajah dengan gerakan memutar. Setelah wajah dan leher dibersihkan dengan oatmeal, biarkan sekitar 1 menit. Baru bilas. Membersihkan wajah seperti ini mantap banget. Komedo lenyap, wajah bersih cerah, aman dan murah pula. Sukaaa deh.

Oh ya, balik lg ke cerita oatmeal pancake, saya juga rupanya ga doyan. Jadi cukup makan sekeping aja. Sisanya dimakan sama kirana dan ayah. Kirana makan pake cokelat oles. Ayah makan pake madu. Oh ya, adonan oatmeal pancake ini kental karena ada tambahan oatmealnya, ga seperti adonan pancake pada umumnya. Jadi jangan kaget ya.

Kurang cakep nih fotonya.... Harusnya udah benar-benar siap baru tuang madu, jadi ada efek lelehan madu di pancakenya. Ini saya ambil gambarnya kelamaan. Jadinya ya lelehannya udah keburu turun ke piring.

Resep diambil dari bukunya Indriani - Pancake Klasik & Modern. Satu resep ini bisa dapat 10 keping pancake diameter 8 cm. Biar cepet dan praktis, saya bikin pake loyang martabak mini. Makanya bentuknya agak beda ya.

Bahan 1:
100 gram havermuth
80 gram tepung terigu protein rendah (saya gunakan tepung serbaguna - protein sedang)
5 sdm gula palem
240 ml susu nonfat (saya pakai susu full cream)
1 sdt kayu manis bubuk
1 sdt garam
1 sdt baking powder
1/2 sdt cream of tartar (saya ga pake)

Bahan 2:
2 butir telur
60 cc minyak zaitun (saya pakai minyak sayur)

Cara Membuat:
- Campur semua bahan 1 hingga tercampur rata. Simpan dalam kulkas dalam wadah tertutup.
- Kocok telur. Tambahkan minyak zaitun, kocok hingga rata.
- Ambil adonan bahan 1, masukkan ke dalam campuran telur dan minyak zaitun. Aduk hingga tercampur rata. Diamkan selama kurleb 30 menit.
- Olesi cetakan pancake dengan minyak, panaskan. Tuang 1 sendok sayur adonan ke dalam cetakan, masak hingga berlubang-lubang selama kurleb 2-3 menit. Balik. Masak hingga kedua sisi berwarna kecoklatan.
- Sajikan dengan ice cream dan coklat leleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar