Kue Keju Jambu Mete


Yihaaaa sebelum puasa tiba, kita bikin kuker dulu.. Pemanasan sebelum puasa. Hihihi... Sebenarnya bikin kuker ini karena saya ikutan euforia ibu-ibu bakul kue yang posting list kue lebaran 2015. Saya ga ngebakul. Tapi tiap lebaran saya bikin kuker sendiri. Beda-beda pula yang dibikin tiap tahunnya. Yang wajib itu kue keju, tapi tiap tahun kue kejunya sengaja saya bikin berbeda. Beda rasa, beda resep, dan beda bentuk.

Karena Kirana sekarang lagi "nganggur", daripada ribut, tiap hari ada aja yang saya ikutkan. Entah pas masak atau bikin kue. Kirana senang tuh dilibatkan seperti itu. Misalnya pas bikin sayur bayam, Kirana yang bantu motong bayamnya. Motong ala Kirana gitu. Karena saya belum berani kasi pisau, jadi saya suruh potong pakai gunting. Jadi ada yang dipotong panjang, pendek, ya suka-suka Kirana lah. Nah tadi siang saya ajakin bikin kuker. Pas banget di rumah lampu padam. Dari pada bengong ga bisa nonton tv dan panas karena kipas angin ga bisa nyala, kita bikin kesibukan dengan bikin kuker.

Di kulkas ada stok keju gouda yang entah kapan itu dibelinya, untung masih belum expired. Masih ada sisa mentega lurpark yang entah kapan juga dibelinya. Jadi mari kita bikin kuker keju. Pas nyari-nyari buku resep, ketemu buku yang bisa bikin kuker tanpa mixer, kan pas banget itu dengan kondisi kami yang lampunya padam. Jadi kita bikin deh. Seperti biasa, kalau Kirana yang bantu ada saja kehebohan yang terjadi. Ngaduk ga genah, ngerolling juga ga bisa, nyetak lumayan lah, ngasi kuning telur belepotan kemana-mana, dan yang paling lumayan itu naruh kacang mente di atas kue. Jadi inilah kue Kirana.

Eh ya.. kalau buat saya, kue ini ngeju sekali, tapi agak asin, mungkin karena saya pake keju gouda kali ya, jadi asinnya lebih terasa. Dan kuenya ga bisa tahan lama nih. Malam ini ketika postingan ini diketik, kuenya tinggal 1/4 (padahal saya bikin 2 resep). Alhamdulilah laris manis..

Resep diambil dari bukunya Deddy Pamudji - Kue Kering Renyah Tanpa Mixer. Kue ini aslinya ga dicetak, cuma dilonjongin seperti buah jambu terus di bawahnya di bagian tengah ditancepin kacang mete utuh biar mirip dengan jambu monyet. Kalau saya mau bikin seperti itu rempong sodara-sodara, jadinya ya saya cetak aja dengan cutter jambu monyet biar agak sama dengan yang aslinya.

Bahan:
75 gram keju tua / edam, parut (saya pakai gouda)
100 gram tepung terigu protein rendah, misal kunci (saya pakai terigu serbaguna)
75 gram mentega
2 sdm kacang mete, cincang halus
50 gram kacang mete, belah dua
1 kuning telur, untuk mengoles

Cara Membuat:
- Dengan mempergunakan ujung jari, campur parutan keju dan tepung terigu hingga tercampur rata. Masukkan mentega dan kacang mete cincang sambil terus diaduk perlahan hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk. (saya gunakan spatula)
- Ambil 1/2 sdt adonan, bentuk menyerupai jambu mete lalu letakkan belahan kacang mete di atasnya. (saya rolling lalu cetak)
- Letakkan dan susun di dalam loyang yang telah diolesi dengan sedikit margarin. Olesi permukaannya dengan kuning telur hingga rata.
- Panggang di dalam oven dengan suhu 160 C selama 20 menit hingga matang. Angkat dan biarkan dingin. (saya susun di atas cooling rack)
- Simpan di dalam stoples kedap udara.

2 komentar:

  1. uwaaa berasa banget mau lebaran hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentar lagi udah mau puasa mba ^_^. Ini baru pemanasan. Hihihi...

      Hapus