Bihun Goreng Udang


Bikin bihun goreng nih. Untuk makan siang saya, kirana, dan ayah. Ternyata bikin bihun goreng itu ada ilmunya ya. Dulu saya kalau bikin bihun goreng, kecapnya ditambahi pas ngegorengnya. Dan itu kadang suka ga kecampur rata dan lembab. Pas baca-baca resepnya demedia, saya baru ngeh ternyata cara saya bikin itu salah. Hoooo.... Bihun yang dibikin sesuai resep ini bagus hasilnya, ga lembab, kecapnya pun merata, dan ga kemanisan dari rasa kecapnya. Ah.. suka saya...

Oh ya, kalau bihun itu bagusnya cuma untuk sekali makan ya, soalnya bihun kan gampang basi. Jadi bihun memang ga bisa dipanaskan. Di resep menggunakan 300 gram, saya cuma gunakan 250 gram bihun jagung karena sekantong isinya cuma 250 gram, itupun hasil jadinya banyak sekali. Untuk kami bertiga, satu resep ini kebanyakan. Sampai masih bisa dibagiin ke tante.

Resep diambil dari bukunya Tim Dapur DeMedia - Aneka Masakan Mi, Bihun, & Kwetiau Populer

Bahan:
300 gram bihun kering (saya pakai 250 gram)
4 sdm kecap manis
200 gram udang peci, kupas
2 butir telur, kocok lepas
3 sdm minyak untuk menumis

Haluskan:
5 siung bawang putih
1 sdt merica butir (saya pakai merica bubuk)
3 butir kemiri
1 sdm ebi, seduh dengan air panas
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

100 ml air
1 ikat kecil caisim, potong-potong
Bawang goreng untuk taburan

Pelengkap:
Emping goreng (saya ga pake)

Cara Membuat:
- Seduh bihun dengan air hangat sampai lunak. Angkat dan tiriskan sampai airnya benar-benar habis. Beri kecap manis, kemudian aduk sampai tercampur rata. Sisihkan.
- Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum dan matang. Masukkan udang peci dan telur kocok sambil diaduk sampai udang berubah warna dan telur matang. Tambahkan air dan caisim, biarkan mendidih.
- Masukkan bihun yang sudah diaduk bersama kecap. Aduk sampai bihun dan bumbu tercampur rata. Angkat. Sajikan dengan taburan bawang goreng dan emping goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar