Cake Cokelat


Pertama kali ngajakin Kirana baking nih. Ternyata rempong sodara-sodara. Untung aja kuenya jadi dan ga bantat. Cerita ngajakin Kirana baking ituh karena masih masa pemulihan dan belajar toilet training, jadi saya dan Kirana mendekam di rumah. Karena selama ini Kirana terbiasa di toko, jadi ketika di rumah dia uring-uringan dan bosan. Padahal udah disetelin Disney Junior, masih aja nguntit emaknya kemana-mana. Jadi kemaren siang saya ajakin Kirana bikin kue cokelat. Maksudnya biar Kirana ada kegiatan dan ga bosan. Tapi ya gitu deh.. pas ngocok pake mikser sih aman karena pake standing mikser, jadi miksernya cuma diliatin. Pas mulai masuk tahap berikutnya yang mulai masukin tepung dan bahan lain, kehebohan pun dimulai. Mulai dari tepung berceceran kemana-mana, adonan belepotan kemana-mana. Duhh saya yang selama ini terbiasa kerja rapi dan bersih kalau baking cuma urut dada sajah... Sabar ya ma..

Nyobain cetakan silikon lagi nih. Lucu ya bentuknya. Sukaa deh.. Tapi hasil kuenya jadi berlubang-lubang karena saya lupa menghentak-hentakkan adonan untuk membuang udara yang terperangkap di dalamnya. Maklum lah tetiba dapat asisten baru.

Resep saya ambil dari bukunya Faiza Hermain - Cake Lapis Kukus. Aslinya cake ini bernama cake lapis cokelat, ada 2 layer, dilayer lagi pake adonan putih. Karena mau praktis, saya buat versi cokelatnya saja. Karena mulai mengurangi bahan tambahan pangan sintetis, jadi mulai memilah-milah resep. Resep yang ini tanpa emulsifier, jadi lebih aman. Konsekuensinya, cake jadi agak berat.

Bahan:
5 butir telur ayam
150 gram gula pasir (saya gunakan 100 gram)
50 gram tepung terigu
50 gram cokelat bubuk
75 gram margarin, cairkan

Cara Membuat:
- Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang, masukkan tepung terigu, cokelat bubuk, dan margarin, kocok sampai tercampur rata, sisihkan.
- Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti, masukkan adonan ke dalam loyang, kukus selama 20 menit hingga matang. Angkat, keluarkan, setelah dingin potong-potong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar