Telur Kukus


Pernah coba telur kukus? Telur kukus ini adalah masakan yang cukup terkenal bagi masyarakat Tionghoa di Kalbar. Saya aja yang baru kemaren kenal. Itupun karena para cece yang ada di grup BBM BKR Pontianak ngobrol seru tentang telur kukus. Kebanyakan, resep telur kukus ini sudah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Dan sekarang resep ini sudah diwariskan ke saya, ahahahaha...

Tekstur telur kukus ini mirip dengan kembang tahu. Lembut-lembut gitu. Makannya pun paling pas dimakan gitu aja, bukan dengan nasi. Alhamdulilah, kirana suka sekali. Lahap makannya. Karena ebi dicampur rata ke telur kukus, jadi ketika makan ada sensasi tersendiri dari gurihnya ebi. Ada juga yang menambahkan kecap manis atau kecap asin ke dalam telur, tapi kalau saya lebih suka yang plain seperti ini. Telur kukus ini dijamin ga akan amis lo. Jadi jangan khawatir.

Oh ya, cara mengukus telur ini beda ya dengan kita mengukus kue. Kalau mengukus kue kan air di bawah kue, uap panas dari air yang ke atas dan mematangkan kue. Kalau mengukus telur ini, mangkuk direndam di air. Mirip teknik au bain marie gitu, tapi ini ga dipanggang. Menurut para cece, biasanya dari jaman dahulu kala dikukusnya pake mangkuk ayam, tahu kan mangkuk ayam, itu tuh mangkuk yang ada gambar ayamnya. Karena udah diomongin gitu, saya pun nurut juga pake mangkuk ayam. Padahal pake mangkuk apapun ga masalah kali ya.

Bahan:
2 butir telur
200 ml air
2 sdm udang ebi kering, rendam hingga lunak, tiriskan
2 siung bawang putih
Garam secukupnya
Merica secukupnya

Cara Membuat:
- Masukkan telur ke dalam mangkuk, aduk dengan menggunakan garpu. Tambahkan air, aduk rata. Beri garam dan merica.
- Masukkan mangkuk ke dalam dandang, beri air sebatas tinggi 1/2 mangkuk. Tutup dandangnya. Kukus selama 10 menit.
- Cincang udang ebi dan bawang putih. Tumis cincangan ebi hingga harum, tambahkan sedikit garam. Tuang ke atas telur kukus yang sudah matang.
- Sajikan.

2 komentar:

  1. waaaah enak banget :D pengen nyoba juga. love from berlin :D. aku juga bikin blog tentang resep masakan kalo mau liat disini yah
    http://sweetsourberries.blogspot.de/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir Mba Fransisca.
      Saya follow blognya ya..

      Hapus