Kenus Mebase


Kenus Mebase ini masakan khas Bali. Harusnya pake cumi kecil, tapi saya gunakan cumi besar. Saya ga sanggup kalau harus ngebuang tinta satu persatu cumi kalau ukuran kecil. Kenus mebade itu harusnya juga pakai daun kemangi. Tapi kemaren pas belanja ke pasar, daun kemangi lagi kosong, ya sudahlah.. masa mau ke pasar yang lain demi daun kemangi kan ya. Mudah-mudahan cumi besar dan tanpa daun kemangi ga merubah pakem ya..

Sudah tahu kan cara membuang tinta cumi tanpa harus tintanya menyebar kemana-mana? Caranya cukup mudah. Pilih cumi yang segar yang tintanya belum pecah, tarik kepalanya, kantong yang berisi tinta itu ada di bagian tengah berwarna perak, tarik saja kantong itu dengan hati-hati. Buang juga kantong isi perutnya (kadang di dalam kantongnya itu ada pasir, ikan-ikan kecil, udang kecil, dll). Cuci di air yang mengalir sampai bersih. Masukkan kembali kepala cumi ke dalam adannya, semat dengan lidi atau tusuk gigi. Kadang ada juga yang ngebuang bagian kulitnya, tinggal dibersihkan saja.

Resep diambil dari bukunya Yasaboga - Dapur Indonesia

Bahan:
750 gram cumi kecil, bersihkan (saya pakai cumi besar)

1 sdm air jeruk nipis
8 buah bawang merah, iris tipis
3 buah cabai merah, iris serong tipis
1 batang serai, memarkan
1 lembar daun salam
1-2 sdm air asam jawa
1 sdt gula merah
50 gram daun kemangi (saya ga pake)

Bumbu Halus:
8 buah cabai merah
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih, iris tipis
2 sdt kunyit cincang
2 sdt jahe cincang
5 buah kemiri sangrai
1/2 sdt ketumbar sangrai
1/2 sdt terasi
1 1/2 sdt garam

Cara Membuat:
- Masukkan kepala cumi ke tabung badan, lumuri air jeruk nipis kurleb 10 menit, tiriskan.
- Tumis bawang merah, cabai, serai, daun salam, dan bumbu halus. Setelah harum masukkan cumi, aduk-aduk dengan api sedang ampai cairan cumi habis. Tuangkan 250 ml air, air asam, dan gula, masak dengan api kecil sampai cumi empuk. Tambahkan air panas sedikit-sedikit bila cumi belum empuk. Sebelum diangkat, masukkan daun kemangi. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar