Khamir


Ingat khamir itu jadi ingat pas mudik kemaren di pekayon kan ada jual khamir di depan indomaret atau alfamart, sebenarnya cukup sering ngelewatin abang-abang yang jualnya, kepengen beli juga karena saya belum pernah makan. Si abang itu jual ada isi macem-macem, ada cokelat, stoberi, nenas, dll. Tapiii tiap ngelewatin si abang kok ga pernah singgah, cuma niat aja pengen singgah. Sampailah balik ke pontianak, dan saya lupa dengan si abang penjual khamir beserta lupa akan khamirnya. Pas beberapa hari yang lalu buka-buka buku ncc, ngeliat resep khamir. Ingatan itu pun muncul kembali. Akhirnya saya coba untuk bikin. Mudik tahun ini saya niatin deh cobain khamir si abang. Mudah-mudahan si abang masih jualan.

Di pontianak kayaknya ada deh yang jual khamir. Soalnya ada yang pernah ke toko nanyain cetakan kue khamir. Saya ingat pelanggan yang itu karena cukup unik buat saya. Suaminya orangnya saklek, maunya cetakan khamir yang sesuai diameter yang dia mau karena kakaknya punya cetakan yang seperti itu. Di toko saya ga ada jual seukuran yang bapak itu pengen. Bapak itu pokoknya ngotot pengen yang sama dengan yang dipunya kakaknya. Padahal kalau mau mudah, ya pake aja yang lebih kecil terus dimurahin harganya, kan mudah. Pada waktu itu entah beberapa kali bapak tersebut beserta istrinya buat ngecek cetakan khamir. Entah sekarang udah jualan atau belum kue khamirnya. Saya ga tahu beliau jualan dimana. Kalau rute-rute saya biasa jalan sih belum pernah nemuin yang jualan kue khamir ini.

Idealnya cetakan khamir itu berbentuk setengah bulatan. Benar-benar bulatan karena kuenya akan dibalik supaya kedua sisinya matang. Karena di rumah ga ada cetakan seperti itu, jadi saya putuskan untuk menggunakan cetakan kue lumpur. Biarpun bentuknya ga sama, yang penting rasanya kan sama.


Resep diambil dari bukunya Bu Fatmah Bahalwan dan Tim NCC - 241 Resep Makanan Favorit Anti Gagal. Di resep asli menggunakan tapai sebagai bahan untuk fermentasi, tapi nunggunya lama banget sampe 9 jam. Kata Bu Fat,bisa diganti dengan ragi instant dan waktu fermentasi cuma 3 jam saja. Jadi yang saya bikin versi ragi instant

Bahan:
500 gram tepung terigu protein tinggi
250 gram gula pasir
250 gram tape singkong (saya gunakan 1/2 sdt ragi)
100 gram margarin lelehkan
1 butir telur
½ sdm soda kue
½ sdt garam
Air matang secukupnya

Cara membuat:
- Bersihkan tape dari seratnya, campur dengan gula pasir, remas-remas. Sisihkan. (saya tidak pakai tape)
- Cairkan soda kue dengan sedikit air, sisihkan.
- Campur tepung terigu dan bahan lainnya dalam wadah, uleni perlahan dengan telapak tangan terbuka. (saya tambahkan ragi di proses ini dan diaduk pakai spatula)
- Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan kental dan lembek. Diamkan selama 9 jam. (karena pakai ragi instant, saya diamkan 3 jam)
- Panaskan cetakan khamir, olesi dengan mentega. Tuangi 1 sendok sayur adonan. Biarkan hingga terlihat bersarang dan matang bagian bawah, balik, teruskan memasaknya hingga matang. Tes dengan ditusuk bila perlu. Angkat.

2 komentar:

  1. Kok Sprtinya sy kenal ya mba ma kue ini,rasanya ky apam cm lbh lembut(empuk) kan ya..klo bnr ini adl kue kesukaan sy wktu kecil srg dibeliin ibu klo kpasar,namanya kokes(kokis) dtmpat sy,.udh lama skali gk mkn kue ini,ijin nyoba resepnya ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ikka, terima kasih sudah mampir.
      Kalau menurut saya mirip apam mba. Kali kokes itu yang warnanya kuning yang dicetak pake cetakan serabi bukan?

      Hapus