Rainbow Cake in a Jar (YKMK#9)


Lagi-lagi saya uplod setoran pr di detik-detik terakhir. Entah mengapa saya itu paling malas kalo mo bikin rainbow cake. Mengapa? karena cuciannya pasti banyak. Maklum saya ini juru masak, sopir, tukang laundry, tukang bersih-bersih, ngejaga toko, berberes toko, bungkus-bungkus, ngurusin jualan online, bbm-an, whatsapp-an, main game hay day sambil ngasuh Kirana pulak. Jadi kalau bikin kue itu maunya yang praktis biar ga makan banyak waktu dan cucian ga banyak. Penting ini! Karena yang nyuci tentu saya sendiri. Kebayang kan bikin rainbow cake harus ngewarnain 6 warna, yang kotor itu baskom untuk mixer, batang mixer, spatula, 6 gelas kecil buat ngewarnain si rainbow, 6 sendok, dan yang pasti 6 loyang. Duhh mikirinnya kok udah puyeng sayanya.


Oh ya, yang namanya cake in jar itu bisa dibikin cake apa aja. Umumnya dibuat layered cake pake loyang, setelah matang dicetak pake cutter seukuran jar, baru disusun di toples kasi cream, cake lagi, cream lagi, begitu sampai toples penuh, terus dimakan deh. Atau adonan cake dimasukin aja ke dalam toples lalu dipanggang, setelah mateng baru bisa dinikmati. Sensasi ketika makan cake pakai jar itu ketika menyendokinya. Beda deh dengan makan cake yang potongan gitu.

Jadi dengan tekat membara, tadi pagi saya niatin bikin rainbow cake. Tapi kok ya malas bikin per layer, akhirnya saya bikin cake biasa yang diberi warna rainbow. Semua warna saya jadikan satu di dalam jar. Satu sendok makan warna merah, timpa lagi dengan satu sendok makan warna jingga, timpa lagi dengan satu sendok makan warna kuning, begitu seterusnya sampai warna ungu dan sampai jar penuh. Sempat was-was juga kalau cake ga matang, soalnya jarnya kan tinggi, Alhamdulilah mateng rupanya si rainbow. Tapi rupanya si rainbow menjulang tinggi. Padahal isinya ga penuh. Saya kurangi 2 jari waktu mengisinya. Rupanya setelah selesai dipanggang jadi tinggi sekali.


Resep saya ambil dari bukunya Joyce Aswan - Resep Cake Istimewa Warisan Nila Chandra. Ini adalah resep untuk rainbow cake. Resep di bawah ini untuk 1 resep. Saya bikin 1/2 resep bisa dapet 4 jar.

Bahan:
10 butir kuning telur
2 butir putih telur
125 gram gula castor
80 gram tepung terigu
30 gram tepung maizena
1 sdm susu bubuk
100 gram mentega, kocok
Pewarna makanan

Cara Membuat:
- Kocok telur dan gula selama 5 menit. Masukkan campuran terigu (terigu, maizena, susu bubuk campur dan aduk rata), aduk rata. Masukkan mentega, aduk hati-hati dengan spatula hingga rata.
- Bagi adonan menjadi beberapa bagian, masing-masing beri warna, aduk rata. Ambil 1 sdm adonan, tuang ke dalam jar, lanjutkan dengan warna lain. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
- Panggang dengan api sedang dengan suhu 170 C selama kurleb 30 menit hingga matang. Angkat.

2 komentar:

  1. wah baru tahu, jar ini bisa dipanggang ya mbak? aku malah baru mau buat mbak :D hari ini terakhir kan ya? :D

    BalasHapus
  2. Bisa mba ivon. Oven safe kok.
    Iya mba, tanggal terakhir tanggal 31 maret. Yuk bikin.... setornya ntar malem.

    BalasHapus