Martabak Udang Kari Ayam


Coba-coba bikin martabak nih. Ceritanya pas jalan-jalan ke Pasar Flamboyan, saya ketemu dengan kulit lumpia produksi rumah tangga yang biasa dipake oleh penjual martabak telur mini. Kulitnya bulat dan teksturnya sedikit kasar. Beda dengan yang kulit lumpia yang banyak dijual di supermarket, misalnya merek Finna. Kalau Finna kan berbentuk segi empat dan mulus sekali permukaannya. Yang produksi rumah tangga ini harganya 15 ribu, isinya 100 buah. Kata penjualnya, kulit ini harus disimpan di kulkas karena tanpa bahan pengawet dan tidak dibungkus kedap udara, makanya maksimal 3 hari disimpannya. Singkat cerita, belilah saya satu pak. Sampai di rumah simpan di kulkas dan baru saya coba 3 hari kemudian. Entah saya yang ga pandai makenya atau kulit lumpia jadi kering karena terlalu lama disimpan di kulkas, alhasil ketika dilipat, kulitnya banyak yang retak. Yang saya foto ini, yang bentuknya paling bagus diantara yang ada. Sebenarnya mau sebesar yang dijual martabak telur mini, tapi karena banyak yang retak, saya perkecil ukuran isi, isinya dibuat kering dan perbanyak lipatannya supaya ketika digoreng isinya ga keluar.

Martabak pada umumnya kan isinya cair karena banyak telurnya. Tetapi karena kulitnya retak-retak, jadi telurnya saya orak arik biar ga bocor kemana-mana. Makanya isinya malah mirip isian risoles gitu. Walau isinya padat tapi namanya tetap martabak kan?


Resep diambil dari bukunya Sufi Yahyono – Martabak Manis & Gurih

Bahan:
150 gram daging ayam giling
150 gram udang
2 sdm minyak untuk menumis
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt penuh bumbu kari bubuk siap pakai
150 ml santan kental
Garam halus secukupnya
3 batang daun bawang, iris halus
40 gram bawang bombay, cincang halus
1 batang seledri, iris halus
8 butir telur bebek, kocok lepas (saya pakai telur ayam, diorak arik)
24 lembar kulit lumpia siap pakai
Minyak goreng dan minyak samin secukupnya (saya cuma pakai minyak goreng)

Pelengkap:
Acar mentimun segar dan tomat buah, secukupnya

Cara Membuat:
- Sangrai daging ayam giling dengan api kecil sampai airnya habis, Sisihkan. Kupas udang, cincang kasar. Sisihkan.
- Isi: panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam cincang dan udang, aduk hingga berubah warna. Tambahkan bumbu kari dan beri santan. Aduk dan masak masak sambil diaduk hingga matang dan santan habis. Angkat dan dinginkan.
- Campur tumisan dengan daun bawang, seledri, dan telur. Panaskan minyak goreng dan minyak samin secukupnya dalam wajan dadar. Siapkan selembar kulit lumpia, beri bahan isi lalu lipat. Goreng martabak hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar