Daging Paprika Lada Hitam


Sudah sering kan bikin daging dengan bumbu lada hitam? Ada yang ditumis langsung dengan lada hitam, ada yang dibikin ala steak, terus ada juga yang dagingnya dibalurin telur dan tepung lalu digoreng dan ditumis dengan bumbu lada hitam. Semua pasti enak. Yang namanya lada hitam itu ada aroma khas yang kuat yang beda sekali dengan lada putih. Nah.. kali ini saya bagikan resep yang dagingnya ditumis, soalnya ini yang paling mudah, pemula di dunia masak pun pasti bisa membuatnya.

Oh ya, ketika membeli lada hitam bubuk itu hati-hati ya. Dulu saya pernah beli lada hitam bubuk di pasar tradisional yang diecer di kantong-kantong dengan kualitas ga bagus, ketika dipake aroma lada hitam ga ada, dan juga seperti berpasir gitu di dalam lada bubuknya. Jadi ketika dipake ampas lada bubuk yang berpasir itu malah mengendap di dasar pan. Pada waktu itu repot membuang ampas lada bubuk, sudah dimasak pula dagingnya dan sudah matang. akhirnya saya cuci berkali-kali daging yang sudah matang itu (mungkin lebih dari sepuluh kali) agar ampasnya keluar. Setelah perjuangan yang panjang, akhirnya dagingnya saya masak ulang dan bumbui ulang. Jadi belilah lada bubuk itu lada putih dan lada hitam yang bagus kualitasnya.

Resep saya ambil dari bukunya Sufi S Y - Menu Lezat & Praktis 30 Hari

Bahan:
500 gram daging khas dalam
50 gram bawang bombai, cincang halus (saya iris)
4 siung bawang putih, cincang halus (saya iris)
1 ruas jari jahe, cincang halus (saya iris)
100 gram paprika merah, potong-potong (saya pakai paprika hijau)
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt merica bubuk hitam
1/2 sdt merica hitam utuh
1/2 sdt paprika merah bubuk (saya ga pake)
2 sdm kecap manis
2 sdm saus steak (saya pakai saus barbeque)
1 sdm saus inggris
2 sdm minyak goreng
1 sdm mentega
1 sdm minyak selada (saya pakai minyak goreng)
Garam secukupnya
Gula pasir halus secukupnya

Cara Membuat:
- Iris daging melebar, lalu potong-potong.
- Campur daging dengan kedua merica bubuk, paprika merah bubuk, kecap manis, saus steak, saus inggris, dan garam, aduk rata. Tambahkan minyak selada, aduk rata. Simpan dalam lemari es sekitar 2 jam.
- Panaskan minyak goreng dan mentega, tumis bawang putih, jahe cincang, dan bawang bombai hingga harum.
- Masukkan daging berbumbu, aduk dan masak hingga daging matang dan bumbu meresap. Tambahkan merica hitam bulat dan paprika merah, aduk rata, angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar