Kue Bolu Cubit


Ahaaaa akhirnya saya uji coba juga snack makernya. Ini adalah snack maker yang saya dapatkan sebagai hadiah NCC Brownies Week dari Ci Yuli. Bahannya bagus banget, anti lengket, tapi bukan bahan teflon. Coba liat bahannya, beda kan dengan teflon. Suka deh dapat snack maker yang oke gini.

Percobaan saya kenalan dengan gadget baru. Masih berusaha mengenali karakteristik cetakannya. Ternyata kue sangat cepat matang walau apinya udah kecil banget. Dari atas ga terlalu keliatan kalau sudah matang, dari samping pun masih kekuningan, di bagian bawah rupanya sudah keburu coklat. Kalo ga salah ada yang pernah cerita kalau cetakan yang seperti ini harus dipakein alas. Entar deh untuk uji coba berikutnya saya pakein alas loyang bekas sebagai dasarnya supaya cetakan ga langsung kena api.

Eh ya.. saya itu orangnya agak ngeyel. Di resep bilang langsung dikasi topping meises atau keju pada saat adonan masih mentah. Saya pikir nanti lah tunggu setengah matang baru dikasi topping. Saya tinggal cuci piring, ketika saya cek lagi, olalaaa kue cubitnya sudah benar-benar matang. Ga bisa lagi dikasi topping. Ya sudahlah, kita makan polosan aja atau dikasi selai coklat enak juga.


Resep saya ambil dari bukunya Ibu Sisca Susanto - Kue Serba Panggang Ala Kaki Lima. Satu resep ini cuma dapat satu loyang snack maker. Tapi snack makernya berukuran jumbo. Makan satu aja udah kenyang saking jumbonya.

Bahan I:
3 butir telur
100 gram gula pasir
1/2 sdt cake emulsifier

Bahan II:
100 gram tepung terigu
1/2 sdt vanili cair
1/2 sdt baking powder

Bahan III:
75 gram mentega, cairkan

Pelengkap:
Keju parut dan meises secukupnya

Cara Membuat:
- Kocok sampai kental bahan I, lalu masukkan bahan II dan kocok dengan kecepatan rendah.
- Tuang mentega cair, aduk hingga tercampur rata.
- Siapkan cetakan kue cubit, olesi dengan mentega, dan panaskan. Tuang adonan, taburi keju dan meises di atasnya, lalu panggang sampai matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar