Apple Pie


Apel lagi huru hara nih di berita. Apel jenis Granny Smith dan Gala diduga terkena bakteri Listeria monocytogenes. Apel ini apel impor dari USA. Nah.. karena saya orang endonesia, jadi saya pakai apel buatan endonesia yaitu apel malang. Hehehe... Bukan kenapa-kenapa sih pakai apel malang, tapi karena di kulkas adanya apel malang yang sudah lama disimpan, daripada apelnya rusak maka saya olah saja menjadi kue.

Saya masih penasaran lo. Apel malang yang ada di kulkas itu dikasi keluarga waktu jenguk almarhum bapak di rumah sakit. Bapak meninggal sudah 3 bulan lebih. Apel yang dulu dikasi itu saya bungkus kertas roti lalu dimasukan ke tupperware yang khusus untuk simpan buah (yang ada katupnya itu lo). Pas mau bikin pai apel saya cek, kok masih bagus ya... hmmm...


Resep saya ambil dari bukunya Ibu Fatmah Bahalwan & Tim NCC - 241 Resep Makanan Favorit Anti Gagal.Yang saya bikin ini pakai 1 resep kulit dan 1/2 resep isian untuk loyang pie 20 cm. Karena loyang pie yang saya gunakan ga tinggi, jadi saya hanya menggunakan 1/2 resep isian saja. Itupun masih menggembung ke atas. Mana bikin tali temali yang dibagian atas itu acak adut lagi gara-gara kulitnya ga cukup. Akhirnya ada yang tipis dan tebal saya ngegilasnya. Awalnya saya juga mau bikin tali temali pai yang mirip dengan pai buatan Misha (beruangnya Marsha). Talinya diulir-ulir, kan lucu tuh, saya coba ulir putus mulu. Akhirnya ga jadi deh, balik ke model konvensional saja.

Bahan Kulit
275 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sdt garam
175 gram margarin
75 ml air es

Bahan Isi (saya hanya bikin setengahnya saja)
1 kg apel malang
2 sdm tepung terigu
1 sdm tepung maizena
1 sdt kayu manis bubuk
1/2 sdt pala bubuk
125 gr gula pasir
75 gr kismis
1 sdm margarin beku, potong-potong
1 kuning telur
Air garam dan lemon secukupnya untuk merendam apel

Cara Membuat
- Kulit: campur menjadi satu semua bahan, kecuali air es, aduk dengan pisau pastry atau dua buah pisau, atau dengan menggunakan jari-jari, hingga menjadi adonan berbutir-butir. Tuangi air es sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Bungkus dengan plastik dan diamkan 15 menit di lemari es.
- Gilas adonan hingga tipis, taruh dalam loyang pie yang sudah diolesi margarin, rapikan, tusuk-tusuk dengan garpu bagian bawahnya. Sisihkan.
- Isi: kupas apel, buang tengahnya, potong-potong. Rendam dalam air garam dan lemon selama 15 menit, tiriskan. Ayak tepung terigu, tepung maizena, kayu manis dan pala, campurkan pada apel. Tambahkan gula dan kismis, aduk rata.
- Penyelesaian: Susun adonan apel dalam loyang berisi kulit pie. Taruh menyebar potongan margarin berku di atasnya, tutup bagian atasnya dengan adonan kulit lagi. Olesi permukaannya dengan kuning telur. Panggang selama 65 menit dengan suhu 180 'C hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.
- Keluarkan dari cetakan, biarkan dingin.
- Hidangkan.

2 komentar: