Green Curry Beef


Pernah cobain bumbu kari hijau? Di thailand itu, bumbu karinya terbagi tiga, ada muslim curry paste, green curry paste, dan red curry paste. Apa beda ketiga bumbu kari tersebut? Kalau muslim curry paste itu yang saya kenal sebagai yellow curry paste ada tambahan kunyit. Green curry paste menggunakan cabe hijau, sedangkan red curry paste menggunakan cabe merah. Kita yang tinggal di Indonesia menggenal kari ya hanya kari yang pakai kunyit dan cabe merah. Jadi untuk kali ini saya coba kari yang menggunakan cabe hijau.

Resep diambil dari bukunya JB Fairfax - Easy Thai Cooking. Saya dapat buku ini sebagai hadiah juara 3 NCC Brownies Week. Alhamdulilah... koleksi buku masak yang berbahasa inggris saya bertambah. Di buku ini sebenarnya hanya resep pastanya saja yang dicantumkan sebagai bumbu halusnya. Jadi kalau mau pakai daging sapi atau ayam boleh saja, atau ditambah kentang pun oke.

Bahan:
10 buah cabe hijau
6 siung bawang putih
1 buah bawang bombay
2 lembar daun ketumbar,cincang halus (saya ga pake)
2 cm jahe, haluskan
1 buah jeruk nipis atau 1/2 buah lemon, ambil parutan kulitnya (saya pakai kulit dan air jeruk nipisnya)
1 sdt pasta udang (saya ga pakai)
1 sdt ketumbar bubuk
2 sdt kunyit bubuk
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Cara Membuat:
Masukkan semua bahan menggunakan food processor atau blender hingga halus.
 
Penyelesaian:
- Panaskan minyak dengan bumbu halus hingga harum.
- Masukkan daging (saya pakai 400 gram) ke dalam bumbu tumisan, tambah santan cair (saya pakai 700 ml) hingga semua daging terendam, masak dengan api kecil hingga empuk.
- Tambah santan kental (saya pakai 500 ml), aduk rata. Tambahkan kentang yang dipotong (saya pakai 2 buah kentang ukuran besar). Masak dengan api kecil hingga matang. Lakukan tes rasa, tambah garam dan merica secukupnya.
- Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar