Victoria Sandwich (YKMK#8)


Akhirnya kesampaian juga saya bikin victoria sandwich. Apa itu victoria sandwich? Nama victoria sandwich memang dekat dengan Ratu Victoria dari Inggris. Victoria sandwich pertama kali ada di buku Mrs Beeton 's Book of Household Management pada tahun 1861. Di buku ini, victoria sandwich dikenalkan sebagai desert dish, bukan sebagai tea time cake. Inti dari victoria sandwich itu adalah sponge cake yang terdiri dari dua layer yang diberi selai dan cream. Memang victoria sandwich hiasannya cukup sederhana. Jadi cake ini memang coba dibuat mirip sandwich.

Karena tema YKMK kali ini kue tart, jadi saya bikin dekorasi yang sederhana, biar berasa kue tart gitu. Bukan sederhana sih, lebih tepatnya dekorasi acak adut. Harusnya tiap layer dan bagian atas dikasi stoberi segar. Saya keliling Pontianak buat nyari stoberi ga ada, stok lagi kosong. Sempat kepikiran bikin cake lain. Nah.. pas mau bikin, akhirnya balik lagi ke rencana bikin victoria sandwich, bahannya pake apa yang ada di rumah aja. Di rumah cuma ada selai stoberi botolan yang biasa dipake untuk olesan roti. Harusnya pake yang paleta biar mulus. Karena tekstur selai botolan kadang ada gerindil stoberinya, alhasil seperti inilah hasilnya. Gradakan ketika kasi stoberinya.


Resep saya ambil dari bukunya Michael John Darracott - Cook Like Mom. Di resep asli menggunakan butter cream, tapi saya menggunakan whipcream. Victoria sandwich ini disebutkan sebagai sponge cake walau buat saya lebih mirip dikatakan sebagai pound cake.

Bahan:
100 gram gula kastor
100 gram margarin atau mentega
100 gram tepung terigu
2 butir telur

Bahan Filling:
Selai stoberi atau blueberi secukupnya
Butter cream yang dibuat dari 90 gram mentega, 130 gram gula halus, 1 tetes vanila essence (saya pakai whipcream)

Cara Membuat:
- Panaskan oven 230 C. (saya pakai 180 C)
- Sponge: kocok gula dan margarin hingga lembut dan mengembang. Masukkan telur satu per satu sambil dikocok dalam kecepatan rendah. Masukkan terigu, aduk rata dengan spatula. Olesi dua buah loyang ukuran 14 cm dengan margarin dan terigu. Tuang adonan ke dalam loyang. Panggang selama 12-15 menit hingga matang.
- Butter cream: kocok mentega dan gula halus hingga mengembang dan ringan, tambahkan vanila, kocok hingga tercampur rata.
- Penyelesaian: Ambil satu bagian cake, olesi tebal dengan selai, sisi lainnya lagi dengan buttercream. Taburi bagian atas cake dengan gula halus.

1 komentar:

  1. Terima kasih sudah ikut berpartisipasi pada Challenge #8 1st ANNIVERSARY YKMK, sukses.
    Sambil menunggu Pengumuman Pemenang Challenge, di bulan Februari kita juga meramaikan #YKMKpostingkompakan bolu gulung ber'PINKria', ada hadiah menariknya juga loh...ikutan yuuuuu.

    BalasHapus