Pesmol

Ahaaa. Saya baru kali ini tahu yang namanya ikan dimasak pesmol seperti apa. Kami di Pontianak tidak kenal pesmol. Ikan yang dimasak seperti ini biasa kami sebut dengan ikan pindang. Tapi ikan pindang yang ga pake banyak kemiri seperti pesmol ini. Pesmol lebih dikenal di daerah Jawa Barat.

Alhamdulilah pesmolnya laris manis. Kirana lahap sekali makannya. Ayah kirana juga suka. Senang jika melihat mereka berdua makan dengan lahap. Ikan yang saya gunakan untuk pesmol ini ikan nila. Pesmol bisa pakai ikan apa saja. Bahkan telur dan juga ayam bisa dimasak pesmol seperti ini. Next time kita cobain telur dan ayam yang dipesmol ya..

Resep diambil dari bukunya Yasaboga - Koleksi 120 Resep Masakan Ikan

Bahan:
1 ekor (800 gram) ikan kerapu. potong sesuai selera (saya pakai ikan nila)
1 lembar daun salam
3 buah cabai merah, iris serong (saya cuma pakai 1 biar ga pedas)
1/2 sdt cuka
garam dan gula secukupnya

Bumbu Halus:
7 buah kemiri sangrai / goreng
8 buah bawang merah
1 siung bawang putih
1 sdt jahe cincang
1 sdt kunyit cincang (saya pakai kunyit bubuk)
1 sdm serai, iris tipis
2 sdt merica bulat (saya pakai merica bubuk)
1 sdt cuka

Cara Membuat:
- Lumuri ikan dengan 1 cm jahe, 1 cm kunyit, dan 1 siung bawang putih yang sudah dihaluskan, biarkan 15 menit. Goreng sampai matang, tiriskan.
- Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu halus sampai matang. Beri 200 ml air, daun salam, dan bumbu lain. Masukkan ikan goreng dan cabai, masak sampai kuah mengental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar