Donat Ubi Ungu


Sebenarnya sudah lama saya pengen nyobain bikin donat ubi ungu. Sangat lama sampai saya ga ingat bahwa donat ubi ungu ini masuk dalam list saya. Sampailah bulan lalu pas ke pasar saya lihat ada ubi ungu terus beli. Rencananya memang mau dibuat kue walau masih ga ada ide mo dibikin kue apa. Ubi ungu dikukus, haluskan, dimasukin kantong, dilabel tanggal bikin, terus masuk deh ke freezer. Nah.. selama di freezer nganggur aja si ubi ungu. Tiap buka freezer cuma dilihat aja ubi ungunya. Sampailah dari tadi malam kepikiran terus untuk bikin donat pake ubi ungu. Akhirnya ubi ungu pun dipindahin ke kulkas bawah. Sengaja jam 5 subuh sudah turun ke dapur demi donat ubi ungu ini. Alhamdulilah akhirnya dibikin juga..

Donatnya cantik ya. Saya suka.. saya suka.. benar-benar suka.. perpaduan antara warna pink dan ungu. Donat ini laris sekali ketika dibikin. Ketika digoreng, kirana makan sampai 3 buah. Ayah kirana juga terus menerus ambil donat yang sudah digoreng. Akhirnya kami sarapan dengan donat ubi ungu ini. Sangat mengenyangkan. Sengaja diambil beberapa buat difoto. Ketika difoto pun donatnya juga ditungguin sama kirana.


Resep diambil dari bukunya Elisa - 30 Variasi Donat Mudah, Murah & Lezat.

Bahan:
200 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram tepung terigu protein sedang
200 gram ubi ungu
25 gram gula pasir
2 sdm susu bubuk
1/2 sdm ragi instant
1/2 sdt bread improver (saya ga pake)
1 butir telur ayam
1/2 sdt garam
100 ml air
25 gram margarin
750 ml minyak goreng

Cara Membuat:
- Kukus ubi ungu, haluskan. (saya haluskan dengan menambahkan sedikit air dan menggunakan chopper)
- Larutkan garam dalam air, aduk rata dan sisihkan.
- Campur ubi kukus dan semua terigu, tambahkan dengan gula, susu bubuk, ragi, dan bread improver. Aduk hingga rata.
- Masukkan telur, tuangi air garam sambil diuleni hingga rata. Masukkan margarin, uleni hingga kalis. Diamkan adonan hingga mengembang selama kurleb 30 menit.
- Buang gasnya, potong menjadi 10 bagian , bulatkan. (saya cetak dengan cutter)
- Diamkan selama kurleb 10 menit, bentuk berlubang tengah. Diamkan kembali selama 15 menit.
- Panaskan minyak, goreng hingga matang. Angkat dan dinginkan. (supaya bolongan tengahnya bagus, ketika digoreng, bagian tengah donat diputar-putar dengan sumpit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar