Chocolate Cream Caramel (LBT#36)


PR LBT kali ini temanya hot puding. Hmm awalnya sempet kepikiran mau bikin creme brulle. Pas mau bikin, nyariin torch kok malah ga nemu, entah nyelip dimana torchnya. Karena sudah mendesak mau dibikin, akhirnya beralih ke cream caramel. Cream caramel atau puding caramel cukup familiar di Indonesia. Ada yang versi kukus dan versi panggang. Kalau yang versi kukus, saya sudah beberapa kali bikin. Versi panggang belum pernah bikin. Jadi moment pr ini bisa dijadikan uji coba untuk bikin puding karamel panggang.

Ternyata memanggang puding di dalam remakin itu agak beda. Awalnya saya panggang selama 2 jam dengan otang. Setelah 2 jam ditungguin kok tengahnya masih basah ya, padahal atasnya sudah kering. Saya tes tusuk benar-benar masih air. Dengan keadaan putus asa karena mesti ke kampus, saya matikan api kompor, saya tinggalkan si puding di dalam oven dan ke kampuslah saya. Pas di toko saya curhat dengan ibu-ibu host LBT kenapa puding saya ga kering, ternyata sebenarnya dipanggang satu jam pun cukup. Ketika dalam keadaan panas, teksturnya memang basah. Tapi ketika kondisi dingin, puding akan set. Nah.. pas balik ke rumah saya cek pudingnya, alhamdulilah pudingnya mengeras.


Resep saya gunakan dari Yasaboga - Puding. Aslinya plain (berwarna putih), di resep pun namanya cuma cream caramel. Karena saya cuma ada stok susu cair cokelat, jadi saya coba buat versi cokelat. Aslinya pun harusnya karamel dulu baru tuang adonan. Pas mau dihidangkan baru dibalik, jadi posisi karamel akan ada di atas. Karena saya mau "pamer" remakin hadiah dari dapur hangus pas NCC Sajian Ramadhan dan Lebaran, jadi karamelnya saya taruh belakangan. Jadi di remakin cuma dituang adonan telur dan susu.

Bahan:
5 butir telur
125 gram gula pasir (saya gunakan 75 gram saja)
2 sdm maizena
500 cc susu cair (saya gunakan susu cair cokelat)
1/2 sdt vanila bubuk

Caramel:
175 gram gula pasir
1 sdt air jeruk nipis
2 sdm air

Cara Membuat:
- Caramel: jerangkan gula di atas api hingga cair dan kecoklatan, tambahkan air dan air jeruk nipis, angkat dari api, segera tuang ke dasar cetakan, dinginkan (saya ga tuang ke dasar cetakan dan caramel ini saya bikin ketika puding sudah set)
- Campur semua bahan lain hingga larut, saring ke dalam cetakan yang sudah diisi caramel. Letakkan cetakan dalam tempat yang lebih besar dan berisi air, masak hingga mengeras dalam oven.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar