Cake Cokelat Istimewa


Mengapa cake cokelat ini dinamakan istimewa?

Ini adalah cake cokelat yang diberi milo atau ovaltine. Yang saya bikin ini pakai milo. Titik-titik yang tampak di cakenya itu adalah butiran milo. Cantik kan? Warna coklat muda yang tampak pun asli dari milonya.


Resep saya ambil dari bukunya Koko Hidayat - Cake Tulban Mini Kukus. Satu resep bisa dapat 23 buah jika menggunakan cetakan tulip pelangi.

Bahan:
5 butir telur
10 gram cake emulsifier
225 gram gula pasir (saya gunakan 200 gram)
220 gram terigu protein rendah
30 gram susu bubuk
150 ml susu cair evaporated (saya pakai susu cair)
75 ml minyak sayur (saya pakai mentega cair)
50 gram minuman cokelat, misalnya milo dan ovaltine

Cara Membuat:
- Kocok telur, gula pasir, dan cake emulsifier hingga mengembang dan kental.
- Masukkan terigu dan susu bubuk, kocok hingga rata. Masukkan susu cairevaporated dan minyak, aduk hingga rata.
- Masukkan bubuk minuman cokelat, aduk hingga rata. Siapkan cetakan yang sudah diolesi margarin dan ditaburi terigu. Tuang adonan hingga 1/4 penuh dari permukaan cetakan. Kukus selama 20 menit dengan api sedang hingga matang.

5 komentar:

  1. wahhhh cantik mbak,,,,,kapan -kapan mau coba, ijin copas resep yaaa mbak,,,,

    BalasHapus
  2. udah kucoba mbk, enakkkkkk tai sedikit aku modif,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. udah dicobain. Mudah-mudahan berkenan dengan resepnya.

      Hapus
  3. Mba cetakan seperti bunga ini yang mana ya ada tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada Mba Silmi. Silakan hubungi saya via WA di 085216294702 ya. Terima kasih.

      Hapus