Mendoan

 
Sebuah postingan sederhana dan ga terlalu penting. Maaf ya.. Cuma mau posting tentang mendoan. Siapa sih yang ga pernah bikin mendoan. Tapiii... siapa tahu aja ada yang baru mau coba bikin mendoan. Bisa coba.

Harusnya kucai di mendoan itu agak panjang. Tapi karena waktu motong bawang itu saya melamun, jadi kucainya saya potong halus. Saya lupa kalau saya motong kucai. Pas motong ingatnya motong daun seledri, hehehe... Jadi harap dimaklumi.

Kalau saya perhatikan biasanya penjual mendoan itu kadang ada yang mengangin-anginkan mendoannya. Hal ini dimaksudkan supaya tempenya bisa lebih garing. Mirip seperti kita membuat kripik tempe. Mendoan yang saya bikin ini ga pake acara angin-anginkan. Mendoan ini pun sangat garing ketika dalam kondisi hangat. Kalau sudah dingin jadi agak letoy teksturnya. Jadi mendoannya harap langsung dimakan setelah digoreng.

Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga - Masakan Indonesia

Bahan:
350 gram tempe, iris tipis melebar
3 sdm tepung beras
1 sdm tepung sagu
125 ml santan
5 batang kucai, potong 1 cm

Bumbu halus:
3 buah kemiri sangrai
2 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar sangrai
1/2 sdt kencur cincang (saya ga pake)
1/2 sdt garam

Cara Membuat:
Campur rata bumbu halus dengan semua tepung dan santan sampai agak cair, masukkan kucai. Celupkan tempe satu persatu ke adonan tepung. Goreng sampai kecoklatan, tiriskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar